PENGARUH STRATEGI KNOW-WANT-LEARNED (KWL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD INPRES MANGASA I MAKASSAR

ARWITA (2023) PENGARUH STRATEGI KNOW-WANT-LEARNED (KWL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD INPRES MANGASA I MAKASSAR.

[img] Text
1.SAMPUL LUAR DALAM.docx

Download (47kB)
[img] Text
4. Motto.docx

Download (21kB)
[img] Text
3. Pernyataan Keaslian Skripsi.docx

Download (20kB)
[img] Text
5. abstrak witha.docx

Download (15kB)
[img] Text
6. Prakata.docx

Download (22kB)
[img] Text
8. Bab I-5.docx

Download (137kB)
[img] Text
7. analisis deskriptif.docx

Download (89kB)
[img] Text
8. foto siswa.docx

Download (1MB)
[img] Text
10. riwayat hidup.docx

Download (51kB)

Abstract

Arwita , 2016. Pengaruh Strategi Know-Want-Learned (KWL) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Inpres Mangasa I Makassar . Skripsi yang dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd., M.Pd dan Dr. Arnida, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang pengaruh Strategi Know-Want-Learned (KWL) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Inpres Mangasa I Makassar. Adapun permasalahan yang dikaji yaitu : 1. Bagaimanakah Gambaran Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Inpres Mangasa I Makassar. 2. Apakah terdapat pengaruh yang signifikan sesudah diterapkan strategi Know-Want-Learned (KWL) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Tujuan penelitian ini adalah : 1. Mendeskripsikan gambaran untuk mengetahui Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Inpres Mangasa I Makassar 2. Mendeskripsikan pengaruh yang signifikan sesudah diterapkan strategi Know-Want-Learned (KWL) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Inpres Mangasa I. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Inpres Mangasa I Makassar. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV yang diambil menggunakan tehnik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Teknik analisis data terdiri dari Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Ada pengaruh yang signifikan strategi Know-Want-Learned (KWL) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman siswa kelas IV SD Inpres Mangasa I Makassar sebelum dan sesudah diberi perlakuan. 2. Terdapat pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman siswa kelas IV SD Inpres Mangasa I Makassar antara kelompok yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Know-Want-Learned (KWL) dengan kelompok yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi membaca pemahaman.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:01
Last Modified: 17 Jul 2023 06:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33022

Actions (login required)

View Item View Item