PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) SISWA KELAS V SD NEGERI BALANG BODDONG KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

NUR AWALIA RAMADHANI ALMUTMHAINNAH (2023) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) SISWA KELAS V SD NEGERI BALANG BODDONG KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL, KATA PENGANTAR DLL.docx

Download (156kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB II PEMBAHASAN.docx

Download (65kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN - Copy.docx

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (25kB)
[img] Text
LAMPIRAN SIKLUS I.docx

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN SIKLUS II.docx

Download (933kB)
[img] Text
LAMPIRAN SILABUS PEMBELAJARAN.docx

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (8MB)

Abstract

Nur Awalia Ramadhani Almutmhainnah. 2016. “Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) Siswa Kelas V SD Negeri Balang Boddong Kecamatan Tamalate Kota Makassar”. Skripsi. Dibimbing oleh Hikmawati Usman S.Pd., M.Pd. dan Drs. Mufa’adi, M.Si Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya penggunaan metode inovatif dan kurangnya mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar SBK pada siswa kelas V SD Negeri Balang Boddong Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar SBK bagi siswa kelas V SD Negeri Balang Boddong Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan Metode Demonstrasi dan Hasil belajar siswa. Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan teknik pengamatan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menganalisis hasil pengamatan guru dan siswa serta tes hasil belajar berupa tes evaluasi hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan seluruh siswa kelas V SD Negeri Balang Boddong Kecamatan Tamalate Kota Makassar dengan siswa sebanyak 38 orang yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dari hasil analisis rubrik penilaian (proses dan hasil) pada siklus I, mencapai kriteria cukup. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan kriteria menjadi kriteria baik. Pada aktivitas mengajar guru dan siswa selama proses pembelajaran, dari hasil analisis data observasi guru pada siklus I dengan kategori cukup, sedangkan pada siklus II dengan kategori sangat baik. Dan begitu pula dari hasil analisis data observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan kategori baik, sedangkan pada siklus II dengan kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) Kelas V SD Negeri Balang Boddong Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:01
Last Modified: 14 Jul 2023 06:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32893

Actions (login required)

View Item View Item