PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADASISWA KELAS IV SD INPRES PERUMNAS I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

SUSRIYA NINGSIH (2023) PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADASISWA KELAS IV SD INPRES PERUMNAS I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1 Sampul.docx

Download (19kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (153kB)
[img] Text
Pengesahan SKRIPSI.docx

Download (11kB)
[img] Text
2 MOTO.docx

Download (17kB)
[img] Text
1.1 Pernyataan Keaslian Skripsi.docx

Download (17kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.docx

Download (20kB)
[img] Text
5 DAFTAR ISI.docx

Download (22kB)
[img] Text
6. BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
7 BAB II.docx

Download (38kB)
[img] Text
8 BAB III.docx

Download (32kB)
[img] Text
11 DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
23 ANALISIS HASIL PENELITIAN SIKLUS II.docx

Download (27kB)
[img] Text
24 REKAPITULASI NILAI AKHIR SIKLUS I DAN SIKLUS II.docx

Download (22kB)
[img] Text
25 dokumentasi.docx

Download (4MB)
[img] Text
27 Daftar Riwayat Hidup.rtf

Download (1MB)

Abstract

SUSRIYA NINGSIH. 2016. Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Inpres Perumnas I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Latri Aras S.Pd, M.Pd dan Dra. Sitti Habibah M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Perumnas I Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Perumnas I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Perumnas I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Fokus penelitian ini adalah penerapan pendekatan matematika realistik dan hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan dalam pembelajaran, baik dari aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar matematika. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus. Aktivitas mengajar guru siklus I dan siklus II berada pada kategori baik. Aktivitas belajar siswa siklus I berada pada kategori baik maupun pada siklus II. Hasil belajar matematika siswa pada siklus I berada pada kategori baik namun secara klasikal belum mencapai persentase yang ditentukan sebelumnya sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) sedangkan pada siklus II hasil belajar matematika siswa meningkat yaitu berada pada kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Perumnas I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:17
Last Modified: 14 Jul 2023 02:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32883

Actions (login required)

View Item View Item