FITRIANI HAR DOERI (2023) PENERAPAN METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IVB SD NEGERI GUNUNG SARI I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
01 sampul.docx Download (57kB) |
|
Text
02 Hal. Judul.docx Download (37kB) |
|
Text
03 Persetujuan Pembimbing.docx Download (583kB) |
|
Text
04 Pengesahan Ujian Skripsi.docx Download (583kB) |
|
Text
06 Moto.docx Download (18kB) |
|
Text
05 Pernyatan Keaslian.docx Download (471kB) |
|
Text
07 Abstrak.docx Download (19kB) |
|
Text
08 Prakata.docx Download (21kB) |
|
Text
09 DAFTAR ISI.docx Download (20kB) |
|
Text
10 DAFTAR TABEL.docx Download (17kB) |
|
Text
11 DAFTAR GAMBAR.docx Download (16kB) |
|
Text
12 DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (16kB) |
|
Text
13 BAB I.docx Download (26kB) |
|
Text
14 BAB II.docx Download (196kB) |
|
Text
15 BAB III.docx Download (39kB) |
|
Text
18 Daftar Pustaka.docx Download (20kB) |
|
Image
2.jpg Download (1MB) |
|
Image
1.jpg Download (2MB) |
|
Text
19 Lampiran dan riwayat hidup.docx Download (42MB) |
Abstract
Fitriani Har Doeri, 2016. Penerapan Metode Jarimatika untuk Meningkatkan kemampuan Berhitung Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IVB SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M.Si dan Khaerunnisa, S.Pd.I, M.A. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berhitung perkalian siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IVB SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan metode jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah guru kelas IVB dan siswa yang berjumlah 27 orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Fokus dalam penelitian ini adalah penerapan metode jarimatika dan kemampuan berhitung perkalian siswa pada mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung perkalian siswa pada mata pelajaran matematika setelah diterapkan metode jarimatika dalam pembelajaran. Hal ini, dapat dilihat dari tes hasil kemampuan berhitung perkalian siswa yang diberikan. Hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Adapun lembar observasi guru diperoleh data aktivitas guru dari setiap siklus yaitu pada siklus I berada pada kategori baik dan pada siklus II berada pada kategori baik. Sedangkan lembar observasi siswa diperoleh data aktivitas siswa yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada kategori baik. Dengan demikian, penerapan metode jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa pada mata pelajaran matematika kelas IVB SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 07:21 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 07:21 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32879 |
Actions (login required)
View Item |