PENGARUH PEMBELAJARAN LUAR KELAS (OUTDOOR LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS III SDN 141 SALU-SALU KECAMATAN BONTOTIRO KABUPATEN BULUKUMBA

NUZUL FITRIANI (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN LUAR KELAS (OUTDOOR LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS III SDN 141 SALU-SALU KECAMATAN BONTOTIRO KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
1 SAMPUL.docx

Download (69kB)
[img] Text
2 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
1 LAMPIRAN-LAMPIRAN.docx

Download (13kB)
[img] Text
2 LAMPIRAN JARING-JARING TEMATIK.docx

Download (18kB)
[img] Text
8 DATA MENTAH NILAI PRETEST.docx

Download (57kB)
[img] Text
9 DOKUMENTASI FOTO.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (37kB)

Abstract

Nuzul Fitriani, 2016, Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas III SDN 141 Salu-Salu Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Skripsi ini dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd.,M.Pd dan Dra. Sitti Habibah, M.Si Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas III SDN 141 Salu-Salu Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran hasil belajar IPS pada siswa kelas III SDN 141 Salu-Salu Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba sebelum menerapkan pembelajaran luar kelas (Outdoor Learning)? (2) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan pembelajaran luar kelas (Outdoor Learning) terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas III SDN 141 Salu-Salu Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui gambaran hasil belajar IPS pada siswa kelas III SDN 141 Salu-Salu Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba sebelum menerapkan pembelajaran luar kelas (Outdoor Learning). (2) Mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan pembelajaran luar kelas (Outdoor Learning) terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas III SDN 141 Salu-Salu Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis peneilitian Pre-Experimental Designs bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 141 Salu-Salu Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba dengan jumlah sampel 19 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini tes hasil belajar siswa, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari Uji Normalitas dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran hasil belajar IPS pada siswa kelas III SDN 141 Salu-Salu Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba sebelum menerapkan pembelajaran luar kelas (Outdoor Learning) berdasarkan pretest berada pada kategori rendah. (2) Gambaran hasil belajar IPS pada siswa kelas III SDN 141 Salu-Salu Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba setelah menerapkan pembelajaran luar kelas (Outdoor Learning) berdasarkan posstest berada pada kategori tinggi. (3) Ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan pembelajaran luar kelas (Outdoor Learning) terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas III SDN 141 Salu-Salu Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:55
Last Modified: 12 Jul 2023 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32861

Actions (login required)

View Item View Item