Pengaruh model Learning Cycle 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration and Evaluation) terhadap hasil belajar IPA kelas V SD Inpres Bangkala III Kecamatan Manggala Kota Makassar

Sriwahyuni. (2023) Pengaruh model Learning Cycle 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration and Evaluation) terhadap hasil belajar IPA kelas V SD Inpres Bangkala III Kecamatan Manggala Kota Makassar.

[img] Text
1. sampul fix.docx

Download (119kB)
[img] Text
2. Proposal 1-3 yhuni revisi.docx

Download (108kB)
[img] Text
3. BAB IV-V.docx

Download (43kB)
[img] Text
4. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
5. pembatas.docx

Download (26kB)
[img] Text
lampiran 1.docx

Download (24kB)
[img] Text
Lampiran 2.docx

Download (255kB)
[img] Text
Lampiran 3.docx

Download (27kB)
[img] Text
lampiran 4.docx

Download (161kB)
[img] Text
lampiran 5.docx

Download (173kB)
[img] Text
lampiran 6.docx

Download (165kB)
[img] Text
lampiran 7.docx

Download (164kB)
[img] Text
lampiran 8.docx

Download (32kB)
[img] Text
lampiran 10-15.docx

Download (69kB)
[img] Text
Lampiran 16-20.docx

Download (38kB)
[img] Text
Lampiran 21.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (34kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model learning cycle 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, and Evaluation) terhadap hasil belajar IPA kelas V SD Inpres Bangkala III Kecamatan Manggala Kota makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini adalah Quasi Experimental Group Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model learning cycle 5E sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 46 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampel jenuh yaitu semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan sistem Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) versi 20.0. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan model learning cycle 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, and Evaluation) dengan penggunaan model konvensional pada pembelajaran IPA kelas V SD Inpres Bangkala III Kecamatan Manggala Kota Makassar. Hasil analisis Independent Sample T-Test nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan hasil Sig. (2-tailed)<0,05 yang berarti terdapat pengaruh penggunaan model learning cycle 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, and Evaluation) terhadap hasil belajar IPA kelas V SD Inpres Bangkala III Kecamatan Manggala Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:49
Last Modified: 27 Jun 2023 05:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32036

Actions (login required)

View Item View Item