Sriwahyuni. (2023) Pengaruh model Learning Cycle 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration and Evaluation) terhadap hasil belajar IPA kelas V SD Inpres Bangkala III Kecamatan Manggala Kota Makassar.
Text
1. sampul fix.docx Download (119kB) |
|
Text
2. Proposal 1-3 yhuni revisi.docx Download (108kB) |
|
Text
3. BAB IV-V.docx Download (43kB) |
|
Text
4. DAFTAR PUSTAKA.docx Download (15kB) |
|
Text
5. pembatas.docx Download (26kB) |
|
Text
lampiran 1.docx Download (24kB) |
|
Text
Lampiran 2.docx Download (255kB) |
|
Text
Lampiran 3.docx Download (27kB) |
|
Text
lampiran 4.docx Download (161kB) |
|
Text
lampiran 5.docx Download (173kB) |
|
Text
lampiran 6.docx Download (165kB) |
|
Text
lampiran 7.docx Download (164kB) |
|
Text
lampiran 8.docx Download (32kB) |
|
Text
lampiran 10-15.docx Download (69kB) |
|
Text
Lampiran 16-20.docx Download (38kB) |
|
Text
Lampiran 21.docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (34kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model learning cycle 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, and Evaluation) terhadap hasil belajar IPA kelas V SD Inpres Bangkala III Kecamatan Manggala Kota makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini adalah Quasi Experimental Group Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model learning cycle 5E sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 46 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampel jenuh yaitu semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan sistem Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) versi 20.0. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan model learning cycle 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, and Evaluation) dengan penggunaan model konvensional pada pembelajaran IPA kelas V SD Inpres Bangkala III Kecamatan Manggala Kota Makassar. Hasil analisis Independent Sample T-Test nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan hasil Sig. (2-tailed)<0,05 yang berarti terdapat pengaruh penggunaan model learning cycle 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, and Evaluation) terhadap hasil belajar IPA kelas V SD Inpres Bangkala III Kecamatan Manggala Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 05:49 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 05:49 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32036 |
Actions (login required)
View Item |