Febrigardis Darince Molo (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 12 BABANA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA.
Text
cover.docx Download (25kB) |
|
Text
AWAL.docx Download (107kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (14kB) |
|
Text
MOTO.docx Download (14kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (15kB) |
|
Text
PRAKATA.docx Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (22kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (24kB) |
|
Text
BAB 2.docx Download (33kB) |
|
Text
BAB 3.docx Download (28kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (15kB) |
|
Text
OBSERVASI GURU SIKLUS I .docx Download (19kB) |
|
Text
OBSERVASI GURU SIKLUS II.docx Download (20kB) |
|
Text
DOKUMEN TASI.docx Download (8MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (47kB) |
Abstract
Febrigardis Darince Molo. 2017. Penerapan model pembelajaran kooperaif tipe Picture and Picture dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa Kelas IV SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Nurhaedah,S.Pd., M.Pd dan Dra. Hj. Johara Nonci, M. Si. Program studi guru sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Inpres BTN Ikip II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalahnya adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture untuk Meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar? dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa Kelas IV SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dengan tahap: perencanaan, aksi, observasi dan refleksi. Fokus penelitian yakni 1) penerapan model pebelajaran kooperatif tipe Picture and Picture, 2) hasil belajar IPS. Subjek Penelitian yakni guru dan 26 Siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktifitas guru dan siswa pada siklus I masih menunjukan kategori cukup. Sedangkan pada siklus II aktifitas guru dan siswa meningkat menjadi kategori baik. Meningkatnya hasil belajar siswa dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori baik pada siklus II. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 07:05 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 07:05 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31058 |
Actions (login required)
View Item |