PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD INPRES BERTINGKAT MAMAJANG I KECAMATAN MAMAJANG KOTA MAKASSAR

MUH. YUSUF SULAEMAN (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD INPRES BERTINGKAT MAMAJANG I KECAMATAN MAMAJANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL PERTAMA.docx

Download (26kB)
[img] Text
2. SAMPUL KEDUA.docx

Download (36kB)
[img] Text
3. Pernyataan keaslian skripsi Edited.docx

Download (23kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.docx

Download (23kB)
[img] Text
5. BAB I-IV.docx

Download (90kB)
[img] Text
6. LAMPIRAN.docx

Download (11kB)
[img] Text
11. ANALISIS DEKSRIPTIF.docx

Download (62kB)
[img] Text
16. Obervasi Guru 15 Observasi Siswa.docx

Download (58kB)
[img] Text
15. Dokumentasi penelitian.docx

Download (1MB)
[img] Text
17.RIWAYAT HIDUP.docx

Download (37kB)

Abstract

Muh. Yusuf Sulaeman, 2017, Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres Bertingkat Mamajang II Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. St. Nursiah B, M.Pd, dan Dra. Hj.Rosdiah Salam, M.Pd. Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SD Inpres Bertingkat Mamajang II Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas V dalam mata pelajaran IPA?, (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan siswa yang tidak diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada mata pelajaran IPA?, (3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar siswa kelas V?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siswa kelas V dalam mata pelajaran IPA, (2) Gambaran hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan siswa yang tidak ajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada mata pelajaran IPA, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar siswa kelas V. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Variabel dalam penelitian ini terbagi atas dua, variabel bebas yang merupakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan variabel terikat yang merupakan hasil belajar siswa kelas V. Teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti adalah simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Mamajang II sebanyak 47 siswa dan sampel dalam penelitian ini terbagi atas dua kelas yakni kelas eksperimen yang terdiri dari 26 siswa dan kelas kontrol yang terdiri dari 21 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil dari penelitian ini adalah yang pertama penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat memperluas pengetahuan siswa mengenai materi yang diajarkan, kedua hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan mengalami peningkatan terutama pada kelas eksperimen yang memilki nilai rata-rata lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol, ketiga berdasarkan hasil uji-T model pembelajaran kooperatif tipe TAI berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Bertingkat Mamajang II Kecamatan Makassar Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jun 2023 06:23
Last Modified: 19 Jun 2023 06:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30330

Actions (login required)

View Item View Item