HASNI (2023) PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN PANAIKANG III KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR.
Text
01 sampul FIX INSYAALLAH1.docx Download (37kB) |
|
Text
02 Hal. Judul FIX INSYAALLAH.docx Download (37kB) |
|
Text
3. Persetujuan Pembimbing-1.doc Download (55kB) |
|
Text
03 Pernyatan Keaslian FIX INSYAALLAH.docx Download (19kB) |
|
Text
04 Moto INSYAAALLAH FIX.docx Download (17kB) |
|
Text
05 Abstrak INSYAAALLAH FIX (Autosaved).docx Download (20kB) |
|
Text
06 Prakata INSYAAALLAH FIX.docx Download (23kB) |
|
Text
07 DAFTAR ISI INSYAALLAH FIX.docx Download (22kB) |
|
Text
09 DAFTAR GAMBAR INSYAALLAH FIX.docx Download (17kB) |
|
Text
08 DAFTAR TABEL INSYAALLAH FIX.docx Download (20kB) |
|
Text
BAB I-BAB V.docx Download (232kB) |
|
Text
FORMAT SERAH TERIMA NASKAH pgsd.doc Download (58kB) |
|
Text
HASIL OBS..docx Download (55kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (1MB) |
Abstract
Hasni, 2017. Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN Panaikang III Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Suarlin, S.Pd., M.Si dan Dra. Hj. Syamsiah D. S. Pd., M. Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berhitung siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SDN Panaikang III Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah gambaran metode jarimatika pada siswa kelas IV SDN Panaikang III Kecamatan Panakkukang Kota Makassar? 2) Bagaimanakah gambaran kemampuan berhitung siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SDN Panaikang III Kecamatan Panakkukang Kota Makassar? 3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SDN Panaikang III Kecamatan Panakkukang Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Gambaran metode jarimatika pada kelas IV kelas IV SDN Panaikang III Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. 2) Gambaran kemampuan berhitung siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas IV SDN Panaikang III Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. 3) Signifikansi pengaruh metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SDN Panaikang III Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental. Penelitian ini menggunakan desain one-group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IVA dan kelas IVB yang berjumlah 70 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVA sebanyak 35 siswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu:1) Metode jarimatika dilakukan dengan memanfaatkan jari-jari tangan sebagai media hitung dengan suasana belajar yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa. 2) Terdapat perbedaan rata-rata (mean) kemampuan berhitung siswa sebelum dan sesudah diterapkannya metode jarimatika pada kelas IV SDN PanaikangIII Kecamatan Panakkukang Kota Makassar dengan nilai mean tes awal (pre-test) 50,42 sedangkan nilai mean pada tes akhir (posttest) yaitu 73,28. 3) Metode jarimatika berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berhitung siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri Panaikang III Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Berdasarkan hasil uji wilcoxon signed ranks test sig. (2-tailed) 0,000 < α (0,05).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 02:01 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 02:01 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30281 |
Actions (login required)
View Item |