PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 108 TAULAN KECAMATAN CENDANA KABUPATEN ENREKANG

EVY AGRIANA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 108 TAULAN KECAMATAN CENDANA KABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
sampul dkk.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran 1 data sebelum tindakan.docx

Download (15kB)
[img] Text
Lampiran 2 (Rpp Siklus I Pertemuan 1).docx

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran 3 (LKS Siklus I Pertemuan 1).docx

Download (20kB)
[img] Text
Lampiran 4 (observasi guru siklus I pertemuan 1).docx

Download (22kB)
[img] Text
Lampiran 25 (hasil tes siklus II).docx

Download (20kB)
[img] Text
Lampiran 9 (observasi siswa siklus I pertemuan 2).docx

Download (20kB)
[img] Text
Lampiran 26-27 dokumentasi.docx

Download (10MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (111kB)

Abstract

EVY AGRIANA. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 108 Taulan Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang. Skripsi, Dibimbing oleh Dra.St. Nursiah B., M.Pd. dan Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri 108 Taulan. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 108 Taulan Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatakan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri 108 Taulan Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Berbasis Masalah dan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SD Negeri 108 Taulan dengan jumlah siswa 18 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari setiap siklus dengan peningkatan persentase ketuntasan siklus I dikategorikan tinggi namun belum tuntas secara klasikal, sedangkan pada siklus II dikategorikan sangat tinggi dan telah tuntas secara klasikal. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri 108 Taulan Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Jun 2023 01:35
Last Modified: 16 Jun 2023 01:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30119

Actions (login required)

View Item View Item