EVY AGRIANA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 108 TAULAN KECAMATAN CENDANA KABUPATEN ENREKANG.
Text
sampul dkk.docx Download (1MB) |
|
Text
BAB I.docx Download (19kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (35kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (30kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (16kB) |
|
Text
Lampiran 1 data sebelum tindakan.docx Download (15kB) |
|
Text
Lampiran 2 (Rpp Siklus I Pertemuan 1).docx Download (1MB) |
|
Text
Lampiran 3 (LKS Siklus I Pertemuan 1).docx Download (20kB) |
|
Text
Lampiran 4 (observasi guru siklus I pertemuan 1).docx Download (22kB) |
|
Text
Lampiran 25 (hasil tes siklus II).docx Download (20kB) |
|
Text
Lampiran 9 (observasi siswa siklus I pertemuan 2).docx Download (20kB) |
|
Text
Lampiran 26-27 dokumentasi.docx Download (10MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (111kB) |
Abstract
EVY AGRIANA. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 108 Taulan Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang. Skripsi, Dibimbing oleh Dra.St. Nursiah B., M.Pd. dan Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri 108 Taulan. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 108 Taulan Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatakan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri 108 Taulan Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Berbasis Masalah dan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SD Negeri 108 Taulan dengan jumlah siswa 18 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari setiap siklus dengan peningkatan persentase ketuntasan siklus I dikategorikan tinggi namun belum tuntas secara klasikal, sedangkan pada siklus II dikategorikan sangat tinggi dan telah tuntas secara klasikal. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri 108 Taulan Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 01:35 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 01:35 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30119 |
Actions (login required)
View Item |