St. Rabiyatul Adawiyah (2023) Hubungan Interaksi Sosial Siswa dengan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Text
1. SAMPUL SKRIPSI.docx Download (87kB) |
|
Image
2. PERSETUJUAN PEMBIMBING.jpg Download (1MB) |
|
Image
4. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.jpg Download (912kB) |
|
Text
5. MOTO.docx Download (15kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.docx Download (17kB) |
|
Text
7. PRAKATA.docx Download (18kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.docx Download (17kB) |
|
Text
9. DAFTAR TABEL.docx Download (17kB) |
|
Text
10. DAFTAR GAMBAR.docx Download (16kB) |
|
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (17kB) |
|
Text
12. BAB I.docx Download (24kB) |
|
Text
13. BAB II.docx Download (60kB) |
|
Text
14. BAB III.docx Download (57kB) |
|
Text
15. BAB IV.docx Download (39kB) |
|
Text
16. BAB V.docx Download (23kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.docx Download (22kB) |
|
Text
44. RIWAYAT HIDUP.docx Download (39kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar hubungan interaksi sosial siswa dengan hasil belajar Matematika kelas IV SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalahnya adalah: (1) bagaimanakah gambaran interaksi sosial siswa kelas IV SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar; (2) bagaimanakah gambaran hasil belajar Matematika kelas IV SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar; (3) seberapa besar hubungan antara interaksi sosial siswa dengan hasil belajar Matematika kelas IV SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran interaksi sosial siswa kelas IV SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar; (2) untuk mengetahui gambaran hasil belajar Matematika kelas IV SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar; (3) untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara interaksi sosial siswa dengan hasil belajar Matematika kelas IV SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah interaksi sosial sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar Matematika. Populasi diambil dari seluruh siswa kelas IVA, IVB, dan IVC yaitu 93 siswa. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan memilih kelas IVA, IVB, dan IVC menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 76 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pengisian angket dan nilai ujian tengah semester genap siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji normalitas, uji lineritas dan uji hipotesis dengan menggunakan sistem Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) versi 20.0. Hasil analisis diperoleh r hitung > r tabel yaitu 0,797 > 0,227 yang berarti terdapat keeratan hubungan yang kuat antara interaksi sosial siswa dengan hasil belajar matematika kelas IV SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 06:07 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 06:07 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30092 |
Actions (login required)
View Item |