Hubungan Interaksi Sosial Siswa dengan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar

St. Rabiyatul Adawiyah (2023) Hubungan Interaksi Sosial Siswa dengan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

[img] Text
1. SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (87kB)
[img] Image
2. PERSETUJUAN PEMBIMBING.jpg

Download (1MB)
[img] Image
4. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.jpg

Download (912kB)
[img] Text
5. MOTO.docx

Download (15kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
7. PRAKATA.docx

Download (18kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.docx

Download (17kB)
[img] Text
9. DAFTAR TABEL.docx

Download (17kB)
[img] Text
10. DAFTAR GAMBAR.docx

Download (16kB)
[img] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (17kB)
[img] Text
12. BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
13. BAB II.docx

Download (60kB)
[img] Text
14. BAB III.docx

Download (57kB)
[img] Text
15. BAB IV.docx

Download (39kB)
[img] Text
16. BAB V.docx

Download (23kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)
[img] Text
44. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (39kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar hubungan interaksi sosial siswa dengan hasil belajar Matematika kelas IV SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalahnya adalah: (1) bagaimanakah gambaran interaksi sosial siswa kelas IV SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar; (2) bagaimanakah gambaran hasil belajar Matematika kelas IV SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar; (3) seberapa besar hubungan antara interaksi sosial siswa dengan hasil belajar Matematika kelas IV SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran interaksi sosial siswa kelas IV SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar; (2) untuk mengetahui gambaran hasil belajar Matematika kelas IV SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar; (3) untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara interaksi sosial siswa dengan hasil belajar Matematika kelas IV SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah interaksi sosial sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar Matematika. Populasi diambil dari seluruh siswa kelas IVA, IVB, dan IVC yaitu 93 siswa. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan memilih kelas IVA, IVB, dan IVC menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 76 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pengisian angket dan nilai ujian tengah semester genap siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji normalitas, uji lineritas dan uji hipotesis dengan menggunakan sistem Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) versi 20.0. Hasil analisis diperoleh r hitung > r tabel yaitu 0,797 > 0,227 yang berarti terdapat keeratan hubungan yang kuat antara interaksi sosial siswa dengan hasil belajar matematika kelas IV SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:07
Last Modified: 15 Jun 2023 06:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30092

Actions (login required)

View Item View Item