Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 017 Manding Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar

Rawasari (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 017 Manding Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar.

[img] Text
Sampul Hal. i.docx

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR ISI dll.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran 2. RPP Eksperimen.docx

Download (381kB)
[img] Text
Lampiran 4. Kisi-kisi Instrumen pretest.docx

Download (19kB)
[img] Text
Lampiran 6. Instrumen Soal Pretest.docx

Download (152kB)
[img] Text
Lampiran 8. Kunci Jawaban Pretest dan Posstest.docx

Download (15kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (37kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar siswa. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 017 Manding Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar?(2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 017 Manding Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar? (3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 017 Manding Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 017 Manding Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar tahun ajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan bentuk desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V yang berjumlah 56 siswa. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara purposive sampling dengan memilih kelas kelas VA dan kelas VB melalui hasil pretest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dikumpulkan dari pemberian pretest, treatment, dan posstest. Kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan sistem Statistical Pachage for Sosial Science (SPSS) versi 20,0. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan tanpa menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Pada kelompok eksperimen hasil belajar siswa berada pada kategori baik, sedangkan pada kelompok kontrol berada pada kategori sangat rendah. Hasil analisis Independent Sample T-test nilai posstest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan Sig. (2-tailed) < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh penggunaan model Talking Stick terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 017 Manding Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:27
Last Modified: 15 Jun 2023 02:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30051

Actions (login required)

View Item View Item