Eti Ardianti (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURENCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MANURUKI MAKASSAR KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR.
Text
SAMPUL.docx Download (21kB) |
|
Text
sampul kedua.docx Download (21kB) |
|
Text
lembar pengesahan.docx Download (543kB) |
|
Text
pernyataan keaslian dan moto.docx Download (17kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (30kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (59kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (42kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (24kB) |
|
Text
ANALISIS DESKRIPTIF DAN INFERENSIAL SPSS.docx Download (46kB) |
|
Text
Analisis Pretest BARU.docx Download (22kB) |
|
Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (46kB) |
Abstract
Eti Ardianti. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurence, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri Manuruki Makassar Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd., M.Pd dan Dr.CitraRosalyn Anwar, M.Si.; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah gambaran penerapan model pembelajaran ARIAS dalam pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Manuruki Makassar Kecamatan Tamalate Kota Makassar? (2) bagaimana gambaran hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Manuruki Makassar Kecamatan Tamalate Kota Makassar sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran ARIAS? (3) Apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurence, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Manuruki Makassar Kecamatan Tamalate Kota Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS (Assurence, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Manuruki Makassar Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar IPA, lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Fokus penelitian yakni hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurence, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Manuruki Makassar sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran ARIAS dengan pencapaian kegiatan guru berada pada kategori baik dan aktivitas siswa mengalami peningkatan (2) Hasil belajar IPA pada siswa kelas V mengalami peningkatan setelah penerapan dengan model pembelajaran ARIAS (3) penggunaan model pembelajaran ARIAS mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V . Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurence, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Manuruki Makassar Kecamatan Tamalate Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 01:28 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 01:28 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30032 |
Actions (login required)
View Item |