PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD INPRES BTN IKIP II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

SUTRYANY (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD INPRES BTN IKIP II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1.sampul.docx

Download (47kB)
[img] Text
2.PERSETUJUANPEBIBING.docx

Download (656kB)
[img] Text
3.DAFTR ISI.docx

Download (44kB)
[img] Text
Bab 1 .docx

Download (41kB)
[img] Text
Bab 2 .docx

Download (69kB)
[img] Text
Bab 3 .docx

Download (55kB)
[img] Text
Bab 4 .docx

Download (48kB)
[img] Text
Bab 5 .docx

Download (30kB)
[img] Text
Lampiran 1 .docx

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran 3 .docx

Download (437kB)
[img] Text
Lampiran 4 .docx

Download (499kB)
[img] Text
Riwayat Hidup .docx

Download (49kB)

Abstract

Sutryany, 2018. Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Nurhaedah, M.Si. dan Drs. Lutfi B.,M.Kes. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPS. Adapun rumusan masalah Penelitian ini yakni (1) Bagaimanakah gambaran pengunaan media film animasi mata pelajaran IPS siswa kelas V ?, (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V ?, (3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media film animasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V?. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui gambaran penggunaan media film animasi mata pelajaran IPS siswa kelas V, (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V, (3) Untuk mengetahui terdapat pengaruh penggunaan media film animasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan Jenis penelitian pre eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttes design. Pretest dilakukan pada saat pembelajaran tanpa menggunakan media film animasi. selanjutnya melakukan posttest dengan terlebih dahulu memberikan treatment kepada siswa dengan menggunakan media film animasi. Jumlah Populasi adalah seluruh siswa kelas V. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan pengujian normalitas data menggunakan Kolmogrove-Smirnov Normality Test untuk mengetahui apakah data yang diperoleh berdistribusi secara normal, kemudian data hasil pretest dan posttest dianalisis untuk pengujian hipotesis dengan Uji paired sample t-test dilakukan menggunakan SPSS versi 20 yang menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media film animasi terhadap hasil belajar hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Makassar Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:42
Last Modified: 14 Jun 2023 02:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29920

Actions (login required)

View Item View Item