RISQA PUNIANI HAMID (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIRED STORYTELLING TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS V SDN 134 MALLEKANA KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG.
Text
1. SAMPUL DLL.docx Download (458kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI - Copy (2).docx Download (39kB) |
|
Text
4 BAB I.docx Download (29kB) |
|
Text
5 BAB II.docx Download (53kB) |
|
Text
6 BAB III - Copy.docx Download (39kB) |
|
Text
7 BAB IV.docx Download (41kB) |
|
Text
8 BAB V.docx Download (20kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA FIX.docx Download (22kB) |
|
Text
10. INSTRUMEN.docx Download (21kB) |
|
Text
21. Persuratan.docx Download (553kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (36kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe paired storytelling terhadap keterampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 134 Mallekana Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre experiment dengan tahap pretest, treatment, dan posttest. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup model pembelajaran kooperatif tipe Paired storytelling dan variabel terikat mencakup keterampilan menyimak siswa. Adapun populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 134 Mallekana Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng dengan jumlah siswa 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran diamati menggunakan lembar tes cerita untuk model pembelajaran kooperatif tipe paired storytelling dikategorikan sangat efektif.(2) keterampilan menyimak cerita siswa sesudah pemberian perlakuan dari hasil posttest telah meningkat. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe paired storytelling terhadap keterampilan menyimak siswa kelas V SDN 134 Mallekana Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Adapun sarannya sebagai berikut: (1) Guru senantiasa memberikan treatment kepada siswa khususnya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe paired storytelling pada pembelajaran Bahasa Indonesia. (2) Guru memberikan pengarahan yang baik kepada siswa yang kurang dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. (3) Guru harus menjadi motivator bagi setiap siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 02:15 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 02:15 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29913 |
Actions (login required)
View Item |