PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIRED STORYTELLING TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS V SDN 134 MALLEKANA KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG

RISQA PUNIANI HAMID (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIRED STORYTELLING TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS V SDN 134 MALLEKANA KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
1. SAMPUL DLL.docx

Download (458kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI - Copy (2).docx

Download (39kB)
[img] Text
4 BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
5 BAB II.docx

Download (53kB)
[img] Text
6 BAB III - Copy.docx

Download (39kB)
[img] Text
7 BAB IV.docx

Download (41kB)
[img] Text
8 BAB V.docx

Download (20kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA FIX.docx

Download (22kB)
[img] Text
10. INSTRUMEN.docx

Download (21kB)
[img] Text
21. Persuratan.docx

Download (553kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe paired storytelling terhadap keterampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 134 Mallekana Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre experiment dengan tahap pretest, treatment, dan posttest. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup model pembelajaran kooperatif tipe Paired storytelling dan variabel terikat mencakup keterampilan menyimak siswa. Adapun populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 134 Mallekana Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng dengan jumlah siswa 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran diamati menggunakan lembar tes cerita untuk model pembelajaran kooperatif tipe paired storytelling dikategorikan sangat efektif.(2) keterampilan menyimak cerita siswa sesudah pemberian perlakuan dari hasil posttest telah meningkat. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe paired storytelling terhadap keterampilan menyimak siswa kelas V SDN 134 Mallekana Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Adapun sarannya sebagai berikut: (1) Guru senantiasa memberikan treatment kepada siswa khususnya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe paired storytelling pada pembelajaran Bahasa Indonesia. (2) Guru memberikan pengarahan yang baik kepada siswa yang kurang dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. (3) Guru harus menjadi motivator bagi setiap siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:15
Last Modified: 14 Jun 2023 02:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29913

Actions (login required)

View Item View Item