HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 12 BABANA KELURAHAN DANNUANG KECAMATAN UJUNGLOE KABUPATEN BULUKUMBA

RAHMAYANI SYAHRIR (2023) HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 12 BABANA KELURAHAN DANNUANG KECAMATAN UJUNGLOE KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
SAMPUL 1.docx

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (91kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (80kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
rpp.docx

Download (20kB)
[img] Text
SILABUS PEMBELAJARAN.docx

Download (32kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (134kB)

Abstract

Rahmayani Syahrir, 2016. Hubungan Kemampuan Awal Siswa dengan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Negeri 12 Babana Kelurahan Dannuang Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Jurusan PGSD Prodi PGSD S.1, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nurhaedah,S.Pd.,M.Pd. dan Dra. Hj. Amrah,S.Pd.,M.Pd.). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui gambaran kemampuan awal yang dimiliki siswa kelas V SD Negeri 12 Babana Kelurahan Dannuang Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba. (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 12 Babana Kelurahan Dannuang Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba. (3) Untuk mengetahui apakah ada hubungan kemampuan awal siswa dengan hasil belajar matematika kelas V SD Negeri 12 Babana Kelurahan Dannuang Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 12 Babana Kelurahan Dannuang Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 20 orang, sedangkan sampelnya diambil yaitu seluruh siswa karena populasinya kurang dari 100 orang. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata kemampuan awal siswa yang langsung diberikan perlakukan tanpa adanya pembelajaran terlebih dahulu sebesar 58,15 dan berada dalam kategori rendah. Sedangkan skor rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika yang telah diberikan perlakukan sebesar 80,75 dan berada pada kategori tinggi. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif tetapi tidak signifikan antara kemampuan awal siswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 12 Babana Kelurahan Dannuang Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba karena variable Y lebih kuat. Kata kunci: kemampuan awal, hasil belajar matematika.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jun 2023 02:44
Last Modified: 07 Jun 2023 02:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29559

Actions (login required)

View Item View Item