PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORYVISUALIZATION, INTELLECTUALY (SAVI) UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWAKELAS IVC SD INPRES TAPPANJENGKECAMATAN BANTAENG KABUPATEN BANTAENG

FIFI ARFIANI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORYVISUALIZATION, INTELLECTUALY (SAVI) UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWAKELAS IVC SD INPRES TAPPANJENGKECAMATAN BANTAENG KABUPATEN BANTAENG.

[img] Text
SAMPUL AWAL skripsi.docx

Download (52kB)
[img] Text
LAMPIRAN DEPAN .docx

Download (105kB)
[img] Text
SKRIPSI MODEL SAVI OLEH FIFI ARFIANI 1247042050 KLS M1.6.docx

Download (147kB)
[img] Text
observasi 3 print.docx

Download (77kB)
[img] Text
REKAP LEMBAR OBERV guru & siswa.docx

Download (22kB)
[img] Text
dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP FIFI.docx

Download (36kB)

Abstract

Fifi Arfiani. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IVc SD Inpres Tappanjeng Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Latang, M.Pd. dan Dr. Rohana, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IVc SD Inpres Tappanjeng Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IVc SD Inpres Tappanjeng Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IVc SD Inpres Tappanjeng Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui empat tahap yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) dan hasil belajar. Subjek penelitian adalah seorang guru dan siswa kelas IVc sebanyak 23 orang, yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru kelas IVc SD Inpres Tappanjeng sebagai pengajar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah kualitatif deskriptif untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas guru berada pada kategori cukup dan untuk siklus II aktivitas guru berada pada kategori baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup kemudian pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Kesimpulan pada penelitian ini Penerapan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IVc SD Inpres Tappanjeng Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jun 2023 01:53
Last Modified: 07 Jun 2023 01:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29550

Actions (login required)

View Item View Item