ASRIKA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN MAPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
00. Sampul.docx Download (33kB) |
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING EKHY.doc Download (216kB) |
|
Text
PENGESAHAN ILMI.docx Download (24kB) |
|
Text
Daftar Isi V Motto Abstrak.docx Download (28kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (13kB) |
|
Text
BAB 1-3.docx Download (73kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (15kB) |
|
Text
Lamp. 11 LKS Pertemuan 2 Siklus II.docx Download (21kB) |
|
Text
Lamp. 24 Daftar Nilai Tes Akhir Siklus 1.docx Download (21kB) |
|
Text
Lamp. 26 Rekapitulasi Nilai Akhir Siswa.docx Download (16kB) |
|
Text
Lamp. 25 Dokumentasi.docx Download (1MB) |
|
Text
Lamp. 29 Daftar Riwayat Hidup.docx Download (28kB) |
Abstract
ASRIKA. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Hamzah Pagarra, S.Kom., M.Pd dan Khaerunnisa, S.Pd.I.,MA pada Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Kelas IV SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan seluruh siswa kelas IV SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentsi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian penunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik. Sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar matematika siswa pada siklus I secara klasikal belum mencapai indikator keberhasilan siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal berada pada kategori sedang dan pada siklus II mengalami peningkatan karena secara klasikal telah melampaui indikator keberhasilan siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal dan berada pada kategori sangat tinggi. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 00:46 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 00:46 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29542 |
Actions (login required)
View Item |