PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIAKELAS V SD INPRES BAWAKARAENG KOTA MAKASSAR

Hasrina (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIAKELAS V SD INPRES BAWAKARAENG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul skripsi.docx

Download (32kB)
[img] Text
sampul hal i.docx

Download (35kB)
[img] Text
1 MOTTO.docx

Download (20kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.docx

Download (22kB)
[img] Text
3 PRAKARTA.docx

Download (22kB)
[img] Text
4 DAFTAR ISI.docx

Download (27kB)
[img] Text
5 BAB I.docx

Download (41kB)
[img] Text
6 BAB II..docx

Download (46kB)
[img] Text
7 BAB III.docx

Download (39kB)
[img] Text
10 DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)
[img] Text
11 LAMPIRAN.docx

Download (3MB)
[img] Text
22 Dekumentasi.docx

Download (8MB)
[img] Text
riwayat hidup.docx

Download (41kB)

Abstract

Hasrina. 2016. Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam meningkatkan keterampilan menulis pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Bawakaraeng Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati S.Pd M.Pd dan Dr.Ansar.M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) kelas V SD Inpres Bawakaraeng Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah gambaran penerapan model pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC ) Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Bawakaraeng kota Makassar,dan Bagaimanakah gambaran peningkatan keterampilan menulis pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas V SD Inpres Bawakaraeng Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC ) Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Bawakaraeng kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah model Cooperative Integrated and Composition (CIRC) dan keterampilan menulis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil observasi aktifitas guru pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil observasi aktifitas siswa pada siklus I dan II berada pada kategori baik (B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil keterampilan menulis siswa berada pada kategori baik (B) dan pada siklus II hasil keterampilan menulis siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik ( B ). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran model Cooperative Integrated and Composition ( CIRC ) dapat meningkatkan keterampilan menulis pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas V SD Inpres Bawakaraeng Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Jun 2023 07:05
Last Modified: 06 Jun 2023 07:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29535

Actions (login required)

View Item View Item