PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 75 LEMBANNA KECAMATAN SINJAI BARAT KABUPATEN SINJAI

KASMAWATI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 75 LEMBANNA KECAMATAN SINJAI BARAT KABUPATEN SINJAI.

[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (77kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (45kB)
[img] Text
Lampiran 22.docx

Download (2MB)
[img] Text
siklus 1 pertemuan 1.docx

Download (202kB)
[img] Text
siklus 1 pertemuan 2.docx

Download (257kB)
[img] Text
Lampiran 22.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP KASMA.docx

Download (36kB)

Abstract

Kasmawati, 2016. Penerapan Penerapan Model Pemebelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournameant (TGT) untuk Meningkatkan hasil belajara IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 75 Lembanna Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. Skripsi. Dibimbing Oleh Dr Latang M.Pd Dan Ahmad Syawaluddin, S.Kom., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV. Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran koopertif tipe Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas IV SD Negeri 75 Lembanna Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran koopertif tipe team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 75 Lembanna Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah jika Model Pembelajaran Koopertif Tipe Team Games Tournament (TGT) diterapkan dalam pembelajaran IPS maka akan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 75 Lembanna Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. Model penelitian yang digunakan adalah model kalitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana tiap siklus terdiri atas dua pertemuan, dengan tahapan tindakan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Adapun fokus penelitian terdiri dari penerapan model Model Pembelajaran Koopertif Tipe Team Games Tournament (TGT) dan peningkatan hasil belajar IPS. Setting penelitian bertempat di SD Negeri 75 Lembanna Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 16 orang yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes, dan observasi, sedangkan teknik analisis data dengan analisis kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Model Pembelajaran Koopertif Tipe Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran yang menyebabkan terjadinya persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dari siklus I ke siklus II. Dari hasil obsevasi guru dan siswa pada siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II hasil observasi siswa dan guru berada pada kategori baik. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Kkopertif Tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 75 Lembanna Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:02
Last Modified: 06 Jun 2023 02:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29519

Actions (login required)

View Item View Item