NIRWANA MUSTAMIN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES MALLENGKERI 1 KOTA MAKASSAR.
Text
1.Sampul WANA.docx Download (33kB) |
|
Text
4.MOTO.docx Download (17kB) |
|
Text
3.PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (21kB) |
|
Text
5.ABSTRAK.doc Download (38kB) |
|
Text
6.PRAKATA.doc Download (38kB) |
|
Text
7.DAFTAR ISI.docx Download (28kB) |
|
Text
9.DAFTAR GAMBAR.docx Download (21kB) |
|
Text
8.DAFTAR TABEL.docx Download (21kB) |
|
Text
10.DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (23kB) |
|
Text
11.BAB I.doc Download (62kB) |
|
Text
12.BAB II.doc Download (139kB) |
|
Text
13.BAB III.doc Download (90kB) |
|
Text
16.daftar pustaka.docx Download (18kB) |
|
Text
17.LAMPIRAN.docx Download (15kB) |
|
Text
18.RPP SIKLUS I PERTEMUAN 1.doc Download (463kB) |
|
Text
24.DATA AKTIVITAS SISWA SIKLUS I.doc Download (125kB) |
|
Text
25.DOKUMENTASI KEGIATAN.docx Download (2MB) |
|
Text
26.RIWAYAT PENDIDIKAN.doc Download (131kB) |
Abstract
NIRWANA MUSTAMIN, 2016, Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas V SD Inpres Mallengkeri 1 Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom., M.Pd. dan Drs.Mufa’adi, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis karangan narasi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Inpres Mallengkeri 1 Kota Makassar. Adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran Think Talk Write untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Inpres Mallengkeri 1 Kota Makassar?. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Talk Write dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Mallengkeri 1 Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran Think Talk Write dan keterampilan menulis karangan narasi. Subjek penelitian adalah satu guru dan 29 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Peningkatan itu dapat dilihat dari siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori baik dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup, sedangkan siklus II aktivitas mengajar guru berada pada kategori baik dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik. Hasil belajar pada siklus I belum mencapai ketuntasan secara klasikal dan siklus II sudah tercapai ketuntasan secara klasikal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas V SD Inpres Mallengkeri 1 Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 30 May 2023 06:04 |
Last Modified: | 30 May 2023 06:04 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29324 |
Actions (login required)
View Item |