RIENSI MEGAWATY (2023) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK ICE BREAKING (GAME EDUCATION, BRAIN GYM, DAN HUMOR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANIPA KELAS VB SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
sampul depan skripsi.docx Download (51kB) |
|
Text
sampul ketiga dll.docx Download (30kB) |
|
Text
BAGIAN I.docx Download (36kB) |
|
Text
BAGIAN II.docx Download (44kB) |
|
Text
BAGIAN III.docx Download (35kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA 01.docx Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA 02.docx Download (16kB) |
|
Text
lampiran observasi.docx Download (34kB) |
|
Text
HASIL PENELITIAN FIKS.docx Download (96kB) |
|
Text
LAMPIRAN 16 DOKUMENTASI.docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (39kB) |
Abstract
Riensi Megawaty, 2016. Pengaruh Penggunaan Teknik Ice Breaking (Game Education, Brain Gym, dan Humor) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas VB SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Muhammad Irfan S S.Pd.,M.Pd dan Sumarlin Mus, S.Pd.,M.Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Skripsi ini menelaah pengaruh penggunaan teknik Ice Breaking dalam hal ini game education, brain gym, dan humor terhadap hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA. Adapun rumusan masalah yang dikaji adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunan teknik Ice Breaking (Game Education, Brain Gym, dan Humor) terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas VB SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik Ice Breaking (Game Education, Brain Gym, dan Humor) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas VB SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian adalah eksperimen, dengan tahap pretest, treatment, dan posttest. Desain penelitian yang digunakan adalah pre experimental design yang merupakan bentuk desain penelitian one group pretest postest design. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup teknik Ice Breaking dan variabel terikat mencakup hasil belajar IPA. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar dan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VB Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, uji asumsi, uji hipotesis (uji-t), dan paired sample t-test. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sesudah pemberian perlakuan menggunakan teknik Ice Breaking lebih meningkat dibandingkan sebelum pemberian teknik Ice Breaking dalam proses pembelajaran. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang secara signifikan hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik Ice Breaking memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VB SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 29 May 2023 06:49 |
Last Modified: | 29 May 2023 06:49 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29268 |
Actions (login required)
View Item |