PENERAPAN METODE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELASIV SDN NO 202 KA’NEA SAPANANG KECAMATAN BINAMU KABUPATEN JENEPONTO

AYUK MAYANGSARI (2023) PENERAPAN METODE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELASIV SDN NO 202 KA’NEA SAPANANG KECAMATAN BINAMU KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
1. SAMPUL SKRIPSI 1 OK!!!.docx

Download (25kB)
[img] Text
2 HALAMAN JUDUL.docx

Download (31kB)
[img] Text
3 MOTTO.docx

Download (13kB)
[img] Text
4 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (13kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
6 PRAKATA.docx

Download (17kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI AYUK.docx

Download (21kB)
[img] Text
8 BAB I, II, III, IV, DAN V.docx

Download (104kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (14kB)
[img] Text
10 LAMPIRAN.docx

Download (12kB)
[img] Text
11 LEMBAR KERJA SISWA.docx

Download (193kB)
[img] Text
12 HASIL OBSERVASI AKTIVITAS BELAJAR SISWA.docx

Download (69kB)
[img] Text
13 HASIL OBSERVASI AKTIVITAS MENGAJAR GURU.docx

Download (41kB)
[img] Text
14 Data Hasil Siklus.docx

Download (29kB)
[img] Text
16 DOKUMENTASI.docx

Download (9MB)
[img] Text
17 RIWAYAT HIDUP.docx

Download (70kB)

Abstract

Ayuk Mayangsari. 2016. Penerapan Metode Inside Outside Circle (IOC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV SDN No. 202 Ka’nea Sapanang Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto. Dibimbing oleh Dra.Hj.Syamsiah D,S.Pd.,M.Pd. dan Muhammad Irfan, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini dilandasi dari kenyataan yang menunjukkan bahwa rendahnya hasil belajar IPS. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan metode IOC akan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV SDN No. 202 Ka’nea Sapanang Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan metode IOC. Pendekatan penelitianya itu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan II siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitianya itu penerapan metode IOC dan hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah satu guru dan siswa yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I dikategorikan cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori baik pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Metode IOC dapat mengingkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV SDN No.202 ka’nea Sapanang Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 May 2023 06:20
Last Modified: 26 May 2023 06:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29220

Actions (login required)

View Item View Item