PENINGKATAN PERILAKU SOSIAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN MAKRO PADA KELOMPOK A DI TK. PUSAT PAUD ANNISA BISSOLORO KECAMATAN BUNGAYA KAB. GOWA

Suryani (2023) PENINGKATAN PERILAKU SOSIAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN MAKRO PADA KELOMPOK A DI TK. PUSAT PAUD ANNISA BISSOLORO KECAMATAN BUNGAYA KAB. GOWA.

[img] Text
SAMPUL - UNM baru.docx

Download (39kB)
[img] Text
Persetujuan Pembimbing.rtf

Download (282kB)
[img] Text
Persetujuan Pengesahan.rtf

Download (280kB)
[img] Text
Motto.docx

Download (19kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian.docx

Download (20kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (22kB)
[img] Text
Daftar Isi Baru.docx

Download (22kB)
[img] Text
Daftar Bagan.docx

Download (19kB)
[img] Text
Skripsi Sayang BAB I-III -NEW.doc

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Lampiran.docx

Download (20kB)
[img] Text
Dokumentasi New.docx

Download (4MB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (37kB)

Abstract

Suryani, 2018. Peningkatan Perilaku Sosial Anak Melalui Metode Bermain Peran Makro pada Kelompok A di TK. Pusat PAUD Annisa Bissoloro Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa. Skripsi dibimbing oleh Dr.Hj.Kartini Marzuki,M,Si dan Syamsuardi,S,Pd.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana peningkatan perilaku sosial anak melalui Metode Bermain Peran Makro pada kelompok A di TK. Pusat PAUD Annisa Bissoloro Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa ?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan perilaku sosial anak melalui metode bermain peran makro pada Kelompok A di TK. Pusat PAUD Annisa Bissoloro Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa. Pendekatan ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri 4 komponen dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah metode bermain peran makro dan perilaku sosial. Penelitian terdiri dari 2 siklus dengan 2 pertemuan pada tiap siklus. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan anak kelompok A berjumlah 15 anak didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap penyelidikan, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai pada siklus I perilaku sosial anak belum meningkat. Hal ini disebabkan pelaksanaan kegiatan bermain peran makro belum sepenuhnya berjalan dengan baik sehingga perilaku sosial yang diharapkan meningkat melalui kegiatan bermain peran makro belum tercapai. Pada siklus II, perilaku sosial anak meningkat. Guru telah melaksanakan kegiatan bermain peran makro dengan baik. Anak mampu menunjukkan sikap mau berbagi mainan, mau menunggu giliran dalam menggunakan peralatan (mainan), dan mau bekerjasama dalam menyelesaikan tugas. Sebagai kesimpulan, kegiatan bermain peran makro dapat meningkatkan perilaku sosial anak pada kelompok A di TK. Pusat PAUD Annisa Bissoloro Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa. Karena itu, kegiatan bermain peran makro direkomendasikan untuk dijadikan alternative tindakan dalam meningkatkan perilaku sosial anak di Taman Kanak-kanak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Feb 2023 02:07
Last Modified: 02 Feb 2023 02:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26971

Actions (login required)

View Item View Item