ANDI NUR MAHARANI ISLAMI (2023) Penerapan Media Aplikasi Education Games Berbasis Budaya Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak di KB-TK Islam Al-Azhar 34 Makassar.
Text
HALAMAN JUDUL.docx Download (34kB) |
|
Text
MOTTO.docx Download (15kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (17kB) |
|
Text
ABSTRAK DAN PRAKATA.docx Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (21kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.docx Download (19kB) |
|
Text
SKRIPSI MAHARANI.docx Download (173kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (21kB) |
|
Text
HASIL OB ANAK SIKLUS I PER I.docx Download (22kB) |
|
Text
HASIL OB ANAK SIKLUS I PER II.docx Download (22kB) |
|
Text
INDIKATOR PENILAIAN FIX SIKLUS I.docx Download (25kB) |
|
Text
INDIKATOR PENILAIAN FIX SIKLUS II.docx Download (25kB) |
|
Text
DOKUMENTASI.docx Download (2MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (40kB) |
Abstract
ANDI NUR MAHARANI ISLAMI 2017. Skripsi, Penerapan Media Aplikasi Education Games Berbasis Budaya Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak di KB-TK Islam Al-Azhar 34 Makassar. Dibimbing oleh Herman, S.Pd, M.Pd dan Syamsuardi S.Pd, M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca permulaan anak melalui penerapan media aplikasi Education Games berbasis budaya lokal di KB-TK Islam Al-Azhar 34 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan media aplikasi Education Games berbasis budaya lokal pada anak di KB-TK Islam Al-Azhar 34 Makassar. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah mengkaji mengenai penerapan media aplikasi Education Games berbasis budaya lokal untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak di KB-TK Islam Al-Azhar 34 Makassar. Subjek penelitian ini adalah guru berjumlah 2 dan anak kelompok B, khususnya kelas B4 yang berjumlah 16 anak, 8 anak laki-laki dan 8 anak perempuan di KB-TK Islam Al-Azhar 34 Makassar. Penelitian ini dilakukan dengan prosedur kerja dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan pada siklus I dinyatakan bahwa 5 anak berada pada kategori berkembang sangat baik dan 11 anak mengalami perubahan dalam peningkatan, namun belum mencapai hasil yang diharapkan dan pada siklus II dinyatakan bahwa sekitar 15 anak mengalami peningkatan yang berada pada kategori berkembang sangat baik dan 1 anak berada pada kategori berkembang sesuai harap dan mencapai hasil yang memuaskan. Sedangkan guru dapat dikategorikan baik karena dalam tindakan pelaksanaan pembelajaran sudah terlaksana dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari data proses pembelajaran yaitu guru sudah mampu menyampaikan informasi mengenai media aplikasi Education Games berbasis budaya lokal, menyampaikan aturan dalam menggunakan media aplikasi Education Games berbasis budaya lokal, dan guru juga sudah mampu mengarahkan anak dalam memainkan media aplikasi Education Games berbasis budaya lokal, serta sudah mampu mengikuti langkah-langkah lainnya dengan baik dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Jadi, dengan penerapan media aplikasi Education Games berbasis budaya lokal dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak di KB-TK Islam Al-Azhar 34 Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 02:05 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 02:05 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26895 |
Actions (login required)
View Item |