EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK DI PAUD AL-WILDAN KEC. WONOMULYO KAB. POLEWALI MANDAR

IGHA PUTRI KESUMA (2023) EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK DI PAUD AL-WILDAN KEC. WONOMULYO KAB. POLEWALI MANDAR.

[img] Text
A1-2 HALAMAN JUDUL.docx

Download (48kB)
[img] Text
A3 PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (31kB)
[img] Text
A4 PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (31kB)
[img] Text
A6 MOTO.docx

Download (13kB)
[img] Text
A5 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (14kB)
[img] Text
A7 ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
A8 PRAKATA.docx

Download (16kB)
[img] Text
A9 - 12 DAFTAR ISI.docx

Download (23kB)
[img] Text
I1 BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
I2 BAB II REVISI.docx

Download (52kB)
[img] Text
I3 BAB III REVISI.docx

Download (28kB)
[img] Text
I6 DAFTAR PUSTAKA - REVISI.docx

Download (23kB)
[img] Text
L1 Lampiran daftar materi.docx

Download (15kB)
[img] Text
L2 Kisi-kisi Instrumen.docx

Download (23kB)
[img] Text
L21 Tabel L.docx

Download (15kB)
[img] Text
L22 Tabel F.docx

Download (15kB)
[img] Text
L24 Foto Kegiatan.docx

Download (2MB)
[img] Text
L28 RIWAYAT HIDUP.docx

Download (32kB)

Abstract

Igha Putri Kesuma. 2016. Efektivitas Pendekatan Saintifik Berbasis Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Sains Anak di PAUD Al-Wildan Kec. Wonomulyo Kab. Polewali Mandar. Skripsi dibimbing Dr. Parwoto, M.Pd dan Dra. Sitti Habibah, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas pendekatan saintifik berbasis contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan sains anak di PAUD Al-Wildan Kec. Wonomulyo Kab. Polewali Mandar? Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pendekatan saitifik berbasis contextual teaching and learning terhadap kemampuan sains anak pada PAUD Al-Wildan Kec. Wonomulyo Kab. Polewali Mandar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experimental design atau eksperimen semu. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak dua puluh anak, masing-masing sepuluh anak sebagai kelompok eksperimen dan sepuluh anak lainnya sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh sebelum dan setelah penggunaan pendekatan saintifik berbasis CTL dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial, yaitu uji hipotesis, yang pemenuhannya melalui persyaratan uji normalitas dengan Liliefors dan uji homogenitas Hartley. Pembelajaran melalui penerapan pendekatan saintifik berbasis CTL berpengaruh positif terhadap kemampuan sains anak. Hal ini dapat dilihat dengan membandingkan rata-rata perolehan skor hasil tes kemampuan sains menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang menerapkan pendekatan saintifik berbasis CTL dalam proses pembelajaran lebih tinggi dibanding rata-rata perolehan skor hasil tes kelompok kontrol yang menggunakan pendekatan konvensional. Selain itu, hasil perhitungan dengan menggunakan uji hipotesis-t (Separated Varian) diperoleh thitung lebih besar dibanding ttabel pada taraf signifikansi dan derajat kebebasan tertentu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan sains kelompok anak yang mengikuti pembelajaran pendekatan saintifik berbasis CTL termasuk kategori tinggi, sedangkan kemampuan sains kelompok anak yang mengikuti pembelajaran konvensional termasuk kategori sedang, serta terdapat pengaruh positif penerapan pendekatan saintifik berbasis CTL terhadap kemampuan sains anak di PAUD Al-Wildan Kec. Wonomulyo Kab. Polewali Mandar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 06:37
Last Modified: 26 Jan 2023 06:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26809

Actions (login required)

View Item View Item