PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK DI TAMAN KANAK-KANAK PEMBINA TRISMUDA KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Marwa (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK DI TAMAN KANAK-KANAK PEMBINA TRISMUDA KABUPATEN POLEWALI MANDAR.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL.docx

Download (67kB)
[img] Text
BAB 01.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB 02.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB 03.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB 04.docx

Download (100kB)
[img] Text
BAB 05 .docx

Download (25kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN .docx

Download (932kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (467kB)
[img] Text
FOTO DOKUMENTASI.docx

Download (267kB)

Abstract

Marwa. 2012. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Kegiatan Bermain Balok di Taman Kanak-Kanak Pembina Trismuda Kabupaten Polewali Mandar. Dibimbing oleh Dra. Kartini Marzuki, M.Si. dan Rusmayadi, S.Pd.,M.Pd., Program Studi Pendidikan GuruPendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini berfokus pada apakah melalui kegiatan bermain Balok dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka anak di Taman Kanak-Kanak Pembina Trismuda Kabupaten Polewali Mandar?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal angka melalui kegiatan bermain balok pada anak di Taman kanak-kanak Pembina Trismuda Kabupaten Polewali Mandar. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas deskriptif kualitatif yang menjadikan 1 (satu) guru Taman Kanak Kanak Pembina Trismuda Kabupaten Polewali Mandar dan anak yang berjumlah 10 orang yang terdiri atas 4 laki-laki dan 6 perempuan sebagai unit analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes terhadap kemampuan mengenal angka melalui kegiatan bermain balok pada anak. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif. Hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa melalui kegiatan bermain balok dapat mengembangkan kemampuan mengenal angka pada anak di Taman Kanak- Pembina Trismuda Kabupaten Polewali Mandar. Hal ini terlihat dari minat anak dan partisipasi anak dalam menyelesaikan kegiatan bermain yang diberikan sesuai dengan indikator dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak serta media yang sesuai kebutuhan anak serta anak dapat membila menyebut urutan bilangan 1-10 tanpa bantuan guru, anak dapat menyebutkan hasil penambahan, membuat urutan bilangan 1 - 10 tanpa bantuan guru, dan anak dapat menyebutkan hasil pengurangan dengan benar tanpa bantuan orang lain. Jadi Kesimpulan dari hasil penelian ini adalah kemampuan mengenal angka pada anak di Taman Kanak-Kanak Pembina Trismuda Kabupaten Polewali Mandar dapat meningkat melalui kegiatan bermain balok.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Nov 2022 07:19
Last Modified: 25 Nov 2022 07:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25752

Actions (login required)

View Item View Item