Penerapan Teknik Cinema Therapy Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Rendah di SMA Negeri 4 Gowa

ISMAIL, (2022) Penerapan Teknik Cinema Therapy Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Rendah di SMA Negeri 4 Gowa.

[img] Text
SAMPUL. Luar.docx

Download (155kB)
[img] Text
SAMPUL. Dalam.docx

Download (159kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (17kB)
[img] Text
MOTTO.docx

Download (17kB)
[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (35kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (41kB)
[img] Text
Daftar Isi.doc

Download (113kB)
[img] Text
BAB 1,2,3,4,5.docx

Download (132kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1 jadwal kegiatan.docx

Download (25kB)
[img] Text
LAMPIRAN 2 tahap pelaksanaan.docx

Download (40kB)
[img] Text
LAMPIRAN 3 kisi-kisi skala sebelum UCL.docx

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN 4 Skala sebelum UCL.docx

Download (26kB)
[img] Text
LAMPIRAN 5 kisi-kisi skala sesudah UCL.docx

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN 6 Skala sesudah UCL.docx

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (41kB)

Abstract

ISMAIL, 2017.Penerapan Teknik Cinma Therapy Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa di SMAN 4 Gowa.Skripsi. Dibimbing oleh Prof.Dr.H.M. ArifinAhmad M.A dan Dr.Abdul Saman, M.Si. Kons, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik cinema therapy untuk meningkatkan konsep diri siswa di SMAN 4 Gowa. Masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana gambaran konsep diri siswa di SMAN 4 Gowa? 2. Bagaimana gambaran Pelaksanaan Tehnik Cinema Therapy di SMAN 4 Gowa? 3. Apakah penerapan cinema therapy dapat meningkatkan konsep diri siswa di SMAN 4 Gowa? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1. Gambaran konsep diri diswa di SMAN 4 Gowa. 2. Gambaran pelaksanaan tehnik cinema therapy di SMAN 4 Gowa. 3. Penerapan cinema therapy dapat meningkatkan konsep diri siswa di SMA Negeri 4 Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimen dengan desain one group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 4 Gowa. Sampel penelitian sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. tingkat konsep diri siswa sebelum diberikan perlakuan berupa tehnik cinema therapy berada pada kategori rendah dan setelah diberikan perlakuan berupa penerapan cinema therapy tingkat konsep diri siswa berada pada kategori tinggi.2. pelaksanaan cinema therapy di SMAN 4 Gowa dilaksanakan sebanyak 6 tahap dalam 6 kali pertemuan dan berjalan sesuai dengan skenario. Adapun hasil pelaksanaan dari pelaksanaan tersebut yaitu tingkat konsep diri siswa yang randah mengalami peningkatan terlihat dari perilaku siswa yang sudah tidak lagi tertekan jika harus tampil didepan kelas,sering berinteraksi dengan orang lain dan memiliki kepercayaan diri 3. Penerapan cinema therapy dapat meningkatkan konsep diri siswa di SMAN 4 Gowa. Artinya penerapan teknik cinema therapy memiliki pengaruh positif untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa di SMAN 4 Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Oct 2022 02:12
Last Modified: 28 Oct 2022 02:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25099

Actions (login required)

View Item View Item