PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN DIALOG MELALUI MEDIA TEATER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI SISWA DI MA PERGIS CAMPALAGIAN KABUPATEN POLEWALI MANDAR

SITTI NAPISAH (2022) PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN DIALOG MELALUI MEDIA TEATER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI SISWA DI MA PERGIS CAMPALAGIAN KABUPATEN POLEWALI MANDAR.

[img] Text
Sampul Skripsi.docx

Download (43kB)
[img] Text
halaman awal skripsi ICHA.docx

Download (81kB)
[img] Text
SKRIPSIKU.docx

Download (130kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1-9.docx

Download (91kB)
[img] Text
LAMPIRAN 10-11.docx

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (40kB)

Abstract

SITTI NAPISAH. 2014. Skripsi. Penerapan Teknik Permainan Dialog Melalui Media Teater Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Antarpribadi Siswa Di MA Pergis Campalagian. Dibimbing oleh Drs. H. Muhammad Ibrahim, M.Si dan Drs. H. Kulasse Kanto, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Pengaruh Permainan Dialog terhadap Peningkatan Keterampilam Komunikasi Antarpribadi Siswa Di MA Pergis Campalagian. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tingkat keterampilan komunikasi antarpribadi siswa sebelum penerapan teknik permainan dialog melalui media teater di MA Pergis Campalagian. (2) Bagaimana tingkat keterampilan komunikasi antarpribadi siswa sesudah penerapan teknik permainan dialog melalui media teater di MA Pergis Campalagian. (3) Apakah ada pengaruh penerapan teknik permainan dialog melalui media teater terhadap peningkatan keterampilan komunikasi antarpribadi siswa di MA PERGIS Campalagian. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tingkat keterampilan komunikasi antarpribadi siswa sebelum diberikan teknik permainan dialog. (2) Untuk mengetahui tingkat keterampilan komunikasi antarpribadi siswa sesudah diberikan teknik permainan dialog. (3) Untuk mengetahui apakah teknik permainan dialog dapat meningkatkan keterampilan komunikasi antarpribadi siswa di MA PERGIS Campalagian. Penelitian ini menggunakan pendekatan Pre- Eksperimental Design terhadap 15 orang subjek penelitian yang merupakan siswa MA PERGIS Campalagian. Pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, pengujian hipotesis melalui uji Wilcoxon signed rangk test (Z). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan komunikasi antarpribadi siswa di MA Pergis Campalagian sebelum diberi perlakuan berupa teknik permainan dialog melalui media teater berada dalam kategori rendah. (2) Keterampilan komunikasi antarpribadi siswa di MA Pergis Campalagian sesudah diberi perlakuan berupa teknik permainan dialog berada dalam kategori tinggi dan sangat tinggi. (3) Penerapan teknik permainan dialog berpengaruh terhadap keterampilan komunikasi siswa di MA Pergis Campalagian.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Aug 2022 00:40
Last Modified: 24 Aug 2022 00:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24403

Actions (login required)

View Item View Item