J U M R I A N A (2022) PENERAPAN TEKNIK LOGOTERAPI DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 SINJAI SELATAN.
Text
HALAMAN DEPAN SKRIPSIKU.doc Download (101kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (34kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (61kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (52kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (36kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (40kB) |
|
Text
LAMPIRAN 1.docx Download (20kB) |
|
Text
LAMPIRAN 2.docx Download (30kB) |
|
Text
Lampiran 3.docx Download (30kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (33kB) |
Abstract
Jumriana. Skripsi. 2012. Penerapan Teknik Logoterapi dalam Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Sinjai Selatan, Dibimbing oleh Drs. H. Abdullah Pandang, M.Pd dan Dra.Hj.Kustiah Sunarty, M. Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Teknik Logoterapi dalam Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Sinjai Selatan. Masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Sinjai Selatan Sebelum dan Sesudah Diberi Teknik Logoterapi dalam Konseling Kelompok? 2. Apakah Penggunaan Teknik Logoterapi dalam Konseling Kelompok Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Sinjai Selatan? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui motivasi belajar siswa melalui penggunaan teknik logoterapi dalam konseling kelompok di SMA Negeri 1 Sinjai Selatan. 2. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik logoterapi dalam konseling kelompok terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Sinjai Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat eksperimen terhadap 7 subjek penelitian yang merupakan siswa yang teridentifikasi mengalami motivasi belajar rendah di SMA Negeri 1 Sinjai Selatan pada tahun ajaran 2011/2012. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif non parametic wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat motivasi belajar siswa sebelum diberi perlakuan dalam hal ini teknik logoterapi dalam konseling kelompok berada pada kategori sangat rendah, akan tetapi setelah diberi teknik logoterapi dalam konseling kelompok mengalami peningkatan atau berada pada kategori tinggi. (2) Penggunaan teknik logoterapi dalam konseling kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, Artinya penerapan teknik logoterapi dalam konseling kelompok ini penerapannya dapat membantu meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Sinjai Selatan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 01:34 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 01:34 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24129 |
Actions (login required)
View Item |