PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TIGA DIMENSI (3D) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PUJANANTING KABUPATEN BARRU

Akbar. (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TIGA DIMENSI (3D) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PUJANANTING KABUPATEN BARRU.

[img] Text
1. SAMPUL COVER.docx

Download (71kB)
[img] Text
2. HALAMAN JUDUL.docx

Download (76kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (321kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (288kB)
[img] Text
5. PERNYATAAN KEASLIAN SKRISPI.docx

Download (229kB)
[img] Text
6. MOTTO.docx

Download (14kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img] Text
8. PRAKATA.docx

Download (23kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.docx

Download (18kB)
[img] Text
10. DAFTAR TABEL.docx

Download (19kB)
[img] Text
11. DAFTAR GAMBAR.docx

Download (18kB)
[img] Text
12. DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (73kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (80kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (264kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)
[img] Text
LAMPIRAN 11 ANALISIS DATA STATISTIK.docx

Download (27kB)
[img] Text
LAMPIRAN 12 TITIK PRESENTASE DISTRIBUSI t.docx

Download (28kB)
[img] Text
LAMPIRAN 13 FOTO DOKUMENTASI KEGIATAN PEMBELAJARAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN 14 FOTO DOKUMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (41kB)

Abstract

Akbar. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Visual Tiga Dimensi (3D) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 3 Pujananting Kabupaten Barru. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Faridah Febriati, S.S.,M.Si. dan Dr. H. Abd. Haling, M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam skripsi ini adalah kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa kurang baik. Berangkat dari asumsi tersebut, penulis beranggapan bahwa diperlukan suatu media pembelajaran yang dapat menumbuhkan gairah belajar siswa, membuat siswa aktif dan senang mengikuti proses pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “(1). Bagaimana gambaran penggunaan media pembelajaran visual tiga dimensi (3D) pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 3 Pujananting Kabupaten Barru?.(2). Bagaimana gamabaran hasil belajar siswa setelah penggunaan media pembelajaran visual tiga dimensi (3D) pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 3 Pujananting Kabupaten Barru?.(3). Apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran visual tiga dimensi (3D) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 3 Pujananting Kabupaten Barru?”. Pendekatan yang dipilih dalam skripsi ini yaitu pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimen yang bersifat komparatif yang membandingkan hasil pretest dan posttest dalam satu kelompok eksperimen (One Group). Populasi dalam skripsi ini ialah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pujananting tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 74 siswa, terdiri atas 40 siswa berjenis kelamin perempuan dan 34 siswa berjenis kelamin laki-laki. Sampel dalam skripsi ini yaitu kelas VIII A yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan teknik sampling purposive. Berdasarkan hasil belajar pada kelas VIII, maka kelas VIII A yang memperoleh hasil di bawah rata-rata, selanjutnya peneliti menetapkan satu kelas sampel yaitu kelas VIII A dari populasi yang sebanyak tiga kelas. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Skripsi ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan media pembelajaran visual tiga dimensi (3D). Hasil belajar siswa rendah sebelum menggunakan media pembelajaran visual tiga dimensi (3D) dan hasil belajar siswa meningkat setelah penggunaan media pembelajaran visual tiga dimensi (3D) pada mata pelajaran IPA kelas VIII A SMP Negeri 3 Pujananting. Hal ini sekaligus menjawab hipotesis Ha = Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran visual tiga dimensi (3D) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 3 Pujananting Kabupaten Barru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jul 2022 05:54
Last Modified: 19 Jul 2022 05:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23923

Actions (login required)

View Item View Item