YULIA PUTRI RUSDIANTI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 MALILI KABUPATEN LUWU TIMUR.
Text
1 SAMPUL DEPAN.docx Download (45kB) |
|
Text
2 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (27kB) |
|
Text
3 MOTTO.docx Download (26kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.docx Download (28kB) |
|
Text
5 PRAKATA.docx Download (35kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI.docx Download (30kB) |
|
Text
BAB 1 .docx Download (57kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (60kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (58kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (29kB) |
|
Text
L 7 NILAI POSSTEST FIX.docx Download (27kB) |
|
Text
L 10 Foto Dokumentasi .docx Download (2MB) |
Abstract
Yulia Putri Rusdianti. 2016. Pengaruh penggunaan media teka teki silang terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMP Negeri 1 Malili Kabupaten Luwu Timur. Skripsi dibimbing oleh Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran penggunaan media teka teki silang pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMP Negeri 1 Malili Kabupaten Luwu Timur. (2) Bagaimana gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMP Negeri 1 Malili Kabupaten Luwu Timur setelah digunakan media teka-teki silang. (3) Apakah ada pengaruh penggunaan media teka teki silang terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMP Negeri 1 Malili Kabupaten Luwu Timur. Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Malili Kabupaten Luwu Timur berjumlah 203 siswa yang terdiri dari kelas VII.1 sampai VII.6 dan sampel yang digunakan adalah kelas VII.1 dan kelas VII.2 yang berjumlah 70 siswa. Di mana 35 siswa kelas kontrol yaitu kelas VII.1 dan 35 siswa kelas eksperimen yaitu kelas VII.2 dengan tehnik pengambilan sampel yaitu Sampling Purposive. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan media teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa, dilihat dari nilai hasil posstest kelas eskperimen yang menggunakan media teka-teki silang lebih tinggi dari kelas kontrol yang tidak menggunakan media teka-teki silang. Dengan demikian, Hipotesis H1 diterima : Ada pengaruh penggunaan media teka teki silang pada kelas eksperimen (VII.2) dengan tanpa menggunakan media teka-teki silang pada kelas kontrol (VII.1) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMP Negeri 1 Malili Kabupaten Luwu Timur.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 01:18 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 01:18 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23877 |
Actions (login required)
View Item |