PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 MALILI KABUPATEN LUWU TIMUR

YULIA PUTRI RUSDIANTI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 MALILI KABUPATEN LUWU TIMUR.

[img] Text
1 SAMPUL DEPAN.docx

Download (45kB)
[img] Text
2 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (27kB)
[img] Text
3 MOTTO.docx

Download (26kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.docx

Download (28kB)
[img] Text
5 PRAKATA.docx

Download (35kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB 1 .docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (58kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (29kB)
[img] Text
L 7 NILAI POSSTEST FIX.docx

Download (27kB)
[img] Text
L 10 Foto Dokumentasi .docx

Download (2MB)

Abstract

Yulia Putri Rusdianti. 2016. Pengaruh penggunaan media teka teki silang terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMP Negeri 1 Malili Kabupaten Luwu Timur. Skripsi dibimbing oleh Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran penggunaan media teka teki silang pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMP Negeri 1 Malili Kabupaten Luwu Timur. (2) Bagaimana gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMP Negeri 1 Malili Kabupaten Luwu Timur setelah digunakan media teka-teki silang. (3) Apakah ada pengaruh penggunaan media teka teki silang terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMP Negeri 1 Malili Kabupaten Luwu Timur. Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Malili Kabupaten Luwu Timur berjumlah 203 siswa yang terdiri dari kelas VII.1 sampai VII.6 dan sampel yang digunakan adalah kelas VII.1 dan kelas VII.2 yang berjumlah 70 siswa. Di mana 35 siswa kelas kontrol yaitu kelas VII.1 dan 35 siswa kelas eksperimen yaitu kelas VII.2 dengan tehnik pengambilan sampel yaitu Sampling Purposive. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan media teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa, dilihat dari nilai hasil posstest kelas eskperimen yang menggunakan media teka-teki silang lebih tinggi dari kelas kontrol yang tidak menggunakan media teka-teki silang. Dengan demikian, Hipotesis H1 diterima : Ada pengaruh penggunaan media teka teki silang pada kelas eksperimen (VII.2) dengan tanpa menggunakan media teka-teki silang pada kelas kontrol (VII.1) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMP Negeri 1 Malili Kabupaten Luwu Timur.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2022 01:18
Last Modified: 18 Jul 2022 01:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23877

Actions (login required)

View Item View Item