KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI LATIHAN KOORDINASI GERAK MATA DAN TANGAN PADA MURID CEREBRAL PALSY JENIS SPASTIK KELAS DASAR II DI SLB-BC YAPALB MAKASSAR

FEBY SRI RAHAYU ANANDA (2022) KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI LATIHAN KOORDINASI GERAK MATA DAN TANGAN PADA MURID CEREBRAL PALSY JENIS SPASTIK KELAS DASAR II DI SLB-BC YAPALB MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (33kB)
[img] Text
Sampul,Abstrak.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (77kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (226kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)
[img] Text
daftra pustaka 1.docx

Download (24kB)
[img] Text
Lampiran 1.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran 2.docx

Download (133kB)
[img] Text
Lampiran 3.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lampiran 4,1.docx

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran 4,2.docx

Download (3MB)
[img] Text
Lampiran 5.docx

Download (27kB)
[img] Text
lampiran 6,1.docx

Download (60kB)
[img] Text
Lampiran 7.docx

Download (2MB)
[img] Text
Persuratan.docx

Download (943kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (35kB)

Abstract

FEBY SRI RAHAYU ANANDA,2019.Kemampuan Menulis Permulaan melalui Latihan Koordinasi Gerak Mata dan Tangan Pada Murid Cerebral Palsy Jenis Spastik Kelas Dasar II di SLB-BC YAPALB Makassar.Skripsi.Dibimbing oleh Drs.H.Agus Marsidi, M.Si dan Dra.Dwiyatmi Sulasminah,M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan menulis permulaan pada murid cerebral palsy jenis spasik yang mengalami hambatan dalam menulis permulaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah“ 1.)Bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis permulaan murid cerebral palsy kelas dasar II di SLB BC-YAPALB Makassar sebelum dan sesudah diberikan latihan koordinasi gerak mata dan tangan? 2.)Bagaimanakah kemampuan menulis permulaan murid cerebral palsy kelas dasar II dengan latihan koordinasi gerak mata dan tangan di SLB BC-YAPALB Makassar?.Tujuan penelitian ini adalah“1.)Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis permulaan murid cerebral palsy kelas dasar II di SLB BC-YAPALB Makassar sebelum dan sesudah diberikan latihan koordinasi gerak mata dan tangan. 2.)Untuk mengetahui kemampuan menulis permulaan murid cerebral palsy kelas dasar II dengan latihan koordinasi gerak mata dan tangan di SLB BC-YAPALB Makassar.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR). Subyek dalam penelitian ini adalah murid cerebral palsy jenis spastik kelas dasar II.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan dan dokumentasi.Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk presentase dan grafik.Hasil penelitian disimpulkan bahwa pada fase baseline 1 (A1) atau sebelum treatment latihan koordinasi gerak mata dan tangan berada pada pada kategori kurang, dimana murid belum mampu menulis permulaan, untuk itu peneliti melakukan latihan koordinasi gerak mata dan tangan, sehingga pada intervensi (B) berada pada kategori cukup, sedangkan pada baseline-2 (A2) yaitu setelah melakukan latihan koordinasi gerak mata dan tangan berada pada kategori baik karena murid dapat menulis permulaan huruf abjad dan kata.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Feb 2022 02:08
Last Modified: 25 Feb 2022 02:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22359

Actions (login required)

View Item View Item