FARIDATUL MUTAHHARAH (2022) PENGGUNAAN ABAKUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN PADA MURID TUNANETRA KELAS DASAR II DI SLB-A YAPTI MAKASSAR.
Text
SAMPUL.docx Download (22kB) |
|
Text
SAMPUL DALAM.docx Download (18kB) |
|
Text
pernyataan keaslian skripsi.docx Download (805kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (29kB) |
|
Text
bab I.docx Download (30kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (37kB) |
|
Text
bab III.docx Download (59kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (363kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (23kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKa baru.docx Download (17kB) |
|
Text
sampul.docx Download (16kB) |
|
Text
PENGEMBANGAN KISI revisi.docx Download (36kB) |
|
Text
Lampiran 3.docx Download (16kB) |
|
Text
Lampian 4.docx Download (16kB) |
|
Text
Lampiran 5.docx Download (16kB) |
|
Text
Lampiran 6.docx Download (832kB) |
|
Text
Lampiran 7.docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (36kB) |
Abstract
FARIDATUL MUTAHHARAH. 2018. “Penggunaan Abakus Untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Pada Murid Tunanetra Kelas Dasar II SLB-A YAPTI Makassar”. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M.Pd. dan Dr. H. Syamsuddin, M.Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya hasil belajar murid tunanetra pada mata pelajaran matematika, khususnya penjumlahan di SLB-A YAPTI Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan penjumlahan melalui penggunaan abakus pada murid tunanetra kelas dasar II di SLB-A YAPTI Makassar?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penjumlahan murid tunanetra kelas dasar II di SLB-A YAPTI Makassar pada kondisi baseline 1 (A1), intervensi (B), baseline 2 (A2) dan berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari A1 ke B dan B ke A2. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang murid tunanetra kelas dasar II SLB-A YAPTI Makassar berinisial AQ dan berumur 11 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penjumlahan murid pada kondisi baseline 1 tergolong rendah, pada kondisi intervensi meningkat karena murid diberikan perlakuan dengan menggunakan abakus, pada kondisi baseline 2 tergolong baik dan pada analisis antar kondisi dari A1 ke B dan B ke A2 yaitu abakus berpengaruh baik dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan murid. Hal ini ditandai dengan perubahan kecenderungan arah dari A1 ke B yakni mendatar kemenaik dan dari B ke A2 yakni menaik secara stabil. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan abakus dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan pada murid tunanetra kelas dasar II di SLB-A YAPTI Makassar. Kata Kunci: Abakus, Kemampuan Penjumlahan, dan Tunanetra
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 00:45 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 00:45 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22248 |
Actions (login required)
View Item |