PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA DADU HURUF PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB NEGERI SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

TASBIH (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA DADU HURUF PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB NEGERI SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SAMPUL 1.docx

Download (22kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING, PENGESAHAN SKRIPSI, PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI, DLL 3.docx

Download (71kB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI belum edit.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (156kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (72kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)
[img] Text
lampiran.docx

Download (12kB)
[img] Text
KURIKULUM. KISI2, LEMBAR INSTRUMEN, DATA HASIL PENELITIAN, DLL.docx

Download (881kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (12kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (44kB)

Abstract

TASBIH, 2015. Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Dadu Huruf Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II Di SLB Negeri Somba Opu Kab Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Tatiana Meidina, M. Si. dan Drs.H Syamsuddin, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Permasalahan pokok dalam penulisan skripsi ini adalah kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Somba Opu Kab Gowa yang masih rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ” Bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media dadu huruf pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa ?” Tujuan penelitian ini adalah ”Untuk mengetahui peningkatan membaca permulaan melalui media dadu huruf pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II d SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang bersifat menggambarkan mengenai kemampuan membaca murid yang analisisnya menggunakan analisis statistik. Subjek penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan kelas II di SLB Negeri Somba Opu Kab Gowa yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes perbuatan yakni membaca suku kata dan kata. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif untuk memberikan gambaran kemampuan mambaca murid tersebut. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ”1) Kemampuan membaca murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Somba Opu Kab Gowa sebelum menggunakan media dadu huruf menunjukkan kategori kurang, 2) Kemampuan membaca murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Somba Opu Kab Gowa setelah menggunakan media dadu huruf menunjukkan kategori baik dan 3) Ada peningkatan kemampuan membaca pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Somba Opu Kab Gowa dari kategori kurang menjadi baik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Feb 2022 06:34
Last Modified: 04 Feb 2022 06:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22002

Actions (login required)

View Item View Item