TRI WAHYUNI (2022) PENGGUNAAN TEKNIK POLAMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI PERKALIAN BERSUSUN PADA SISWA TUNANETRA KELAS VII DI SLB-A YAPTI MAKASSAR.
Text
02 halaman depan.docx Download (47kB) |
|
Text
02 Persetujuan & pengesahan.docx Download (36kB) |
|
Text
03 BAB I.docx Download (26kB) |
|
Text
04 BAB II.docx Download (248kB) |
|
Text
05 BAB III.docx Download (32kB) |
|
Text
06 BAB IV.docx Download (474kB) |
|
Text
07 BAB V.docx Download (18kB) |
|
Text
09 Dokumentasi penelitian.docx Download (1MB) |
|
Text
02 Kisi-kisi instrumen.docx Download (21kB) |
|
Text
03 Instrumen.docx Download (31kB) |
|
Text
05 Data Hasil Penelitian.docx Download (24kB) |
|
Text
11 Riwayat Hidup.docx Download (49kB) |
Abstract
TRI WAHYUNI, 2014. Penggunaan Teknik Polamatika untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Perkalian Bersusun pada Siswa Tunanetra Kelas VII di SLB-A YAPTI Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M. Pd. dan Dr. Purwaka Hadi, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penggunaan teknik polamatika untuk meningkatkan kemampuan operasi perkalian bersusun pada siswa tunanetra kelas VII di SLB-A YAPTI Makassar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam mengoperasikan perkalian bersusun yang masih sangat rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan teknik polamatika dalam meningkatkan kemampuan operasi perkalian bersusun pada siswa tunanetra kelas VII di SLB-A YAPTI Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis metode penelitian eksperimen. Desain penelitian eksperimen yang dipergunakan adalah desain subyek tunggal atau Single Subject Research A-B-A (A (Baseline 1) - B (Intervensi) - A (Baseline 2)). Subyek penelitian adalah siswa low vision. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes dan observasi. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah (1) kemampuan operasi perkalian bersusun pada siswa tunanetra kelas VII di SLB-A YAPTI Makassar sebelum menggunakan teknik polamatika sangat rendah karena siswa sama sekali tidak memiliki kemampuan mengoperasikan operasi perkalian secara bersusun (2) kemampuan operasi perkalian bersusun pada siswa tunanetra kelas VII di SLB-A YAPTI Makassar pada saat menggunakan teknik polamatika mengalami peningkatan hingga tercapainya targer behavior pada operasi perkalian bersusun bilangan puluhan dengan satuan, puluhan dengan puluhan, ratusan dengan satuan dan ratusan dengan puluhan (3) kemampuan operasi perkalian bersusun pada siswa tunanetra kelas VII di SLB-A YAPTI Makassar setelah menggunakan teknik polamatika masih dapat mencapai target behavior pada operasi perkalian bersusun bilangan puluhan dengan satuan dan puluhan dengan puluhan, sedangkan pada operasi perkalian bersusun bilangan ratusan dengan satuan dan ratusan dengan puluhan belum dapat sepenuhnya mencapai target behaviour. Kesimpulan hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan kemampuan mengoperasikan operasi perkalian bersusun pada siswa tunanetra di SLB-A YAPTI Makassar dengan menggunakan teknik polamatika.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 03:18 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 03:18 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21877 |
Actions (login required)
View Item |