UPAYA GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR MURID TUNAGRAHITA RINGAN PADA KELAS I, II, III DI SDLB-C YPPLB MAKASSAR

Dedi Hartono Alamsah (2022) UPAYA GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR MURID TUNAGRAHITA RINGAN PADA KELAS I, II, III DI SDLB-C YPPLB MAKASSAR.

[img] Text
sampul skripsi.docx

Download (41kB)
[img] Text
Persetujuan pembimbing.docx

Download (21kB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (20kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (16kB)
[img] Text
MOTTO.docx

Download (13kB)
[img] Text
abstraksi.docx

Download (17kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (67kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (33kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (35kB)
[img] Text
Lampiran lama.docx

Download (37kB)
[img] Text
pengamatan lapangan.docx

Download (34kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (32kB)

Abstract

Dedi Hartono Alamsah, 2013, Upaya Guru Dalam Memotivasi Belajar Murid Tunagrahita Ringan pada Kelas I, II, III di SDLB-C YPPLB Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Nahrawi, M. Si dan Drs. M. Shodiq AM, M.Pd,; Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah upaya guru dalam memotivasi belajar murid tunagrahita ringan di SDLB-C YPPLB Makassar. Permasalahan pokok yang di kaji yaitu 1) Bagaimanakah upaya guru dalam memotivasi belajar murid tunagrahita ringan pada kelas I, II, III di SDLB-C YPPLB Makassar. 2) Bagaimanakah belajar murid sebelum dan setelah mendapatkan motivasi dari guru. Penelitian ini yaitu penelitian kualitatif, adapun jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan desain deskriptif. Fokus penelitian ini tentang motivasi belajar, indikatornya mencakup: 1) Untuk mengetahui motivasi belajar murid pada kelas I, II, III di SDLB-C YPPLB Makassar. 2) dapat mengetahui metode motivasi belajar murid tunagrahita yang baik dan benar. 3) Untuk memberikan masukan kepada guru terkait tindakan yang tepat sesuai kebutuhan murid tunagrahita ringan pada kelas I, II, III di SDLB-C YPPLB Makassar. Sasaran dan sekaligus menjadi subjek penelitian adalah guru kelas I, II, III di SDLB-C YPPLB Makassar, sebanyak 3 orang yang terdiri dari 3 perempuan. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Data diolah dengan analisis deskriptif verbal dengan mendeskripsikan, menganalisa dan menginterpretasi secara mendalam terutama data yang diperoleh dari obsevasi dan wawancara. Kesimpulan hasil penelitian yaitu ada tindakan guru dalam memotivasi belajar murid pada kelas I, II, III di SDLB-C YPPLB Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jan 2022 01:55
Last Modified: 18 Jan 2022 01:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21805

Actions (login required)

View Item View Item