ROSDIANA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA CERITA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 1 ANASSAPPU KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA.
Text
A sampul - B halaman sampul.docx Download (33kB) |
|
Text
D pernyataaan keaslian skripsi - J daftar lampiran.docx Download (33kB) |
|
Text
K. SKRIPSI.,,.docx Download (104kB) |
|
Text
L. RPP 1..docx Download (113kB) |
|
Text
M Rpp 2.docx Download (67kB) |
|
Text
R. Dokumentasi.docx Download (6MB) |
Abstract
Rosdiana. 2016. Penerapan metode scaffolding untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Sipala II Kelurahan Paccerakkang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si dan Dr. Andi Nurochmah, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan metode Scaffolding dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Sipala II Kelurahan Paccerakkang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode scaffolding untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Sipala II Kelurahan Paccerakkang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bersifat deskriptif. Subjek yang menjadi penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Sipala II Kota Makassar, dengan jumlah siswa sebanyak tiga puluh enam orang, yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Data dalam penelitian dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya diolah dengan menggunakan persentase dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari setiap siklus hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta hasil tes belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil tes siklus I belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal dan berada pada kategori sedang dengan rata-rata 58,72. Pada siklus II telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal dan berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 81,17. Kesimpulan hasil penelitian yaitu penerapan metode scaffolding dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Sipala II Kelurahan Paccerakkang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 01:32 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 01:32 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32993 |
Actions (login required)
View Item |