Indah Ayu Lestari (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 09 ALLU TAROWANG KECAMATAN TAROWANG KABUPATEN JENEPONTO.
Text
1. Sampul kedua.docx Download (301kB) |
|
Text
2. BAB I.docx Download (33kB) |
|
Text
3. BAB II.docx Download (56kB) |
|
Text
4. BAB III.docx Download (44kB) |
|
Text
5. BAB IV.docx Download (76kB) |
|
Text
6. BAB V.docx Download (22kB) |
|
Text
19. DOKUMENTASI.docx Download (2MB) |
|
Text
20. RIWAYAT HIDUP.docx Download (41kB) |
Abstract
Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 09 Allu Tarowang Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 09 Allu Tarowang Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dengan subjek penelitian adalah satu orang guru dan siswa kelas V SDN 09 Allu Tarowang Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan minat belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi yaitu aktifitas guru dan siswa selama proses pelaksanaan tindakan, sedangkan data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus I untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa berada pada ketegori cukup sedangkan minat belajar pada siklus I juga berada dalam kategori sedang. Pada siklus II untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa sudah berada pada kategori baik sedangkan minat belajar berada pada kategori tinggi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 09 Allu Tarowang Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 02:04 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 02:04 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29909 |
Actions (login required)
View Item |