AYU MARINDASARI (2023) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL DAKON GEOMETRI (MAQGALACENG) TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK KELOMPOK A DI TK AL-KHAERAT KABUPATEN BONE.
Text
Sampul luar.docx Download (36kB) |
|
Text
AWAL.docx Download (46kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (198kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (29kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (19kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (3MB) |
Abstract
Ayu Marindasari.2016. Pengaruh Permainan Tradisional Dakon Geometri (maqgalaceng) terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak kelompok A di TK Al-Khaerat Kabupaten Bone Skripsi.Dibimbing oleh Dr. Ratmawati T M,Pd dan Dr. Muh. Yusri Bacthiar, M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan mengenal bentuk geometri anak kelompok A di TK Al-khaerat kabupaten Bone, anak biasanya tidak mampu mengenal bentuk ketika diperlihatkan benda kongkretnya dan anak terkadang jenuh dalam pembelajaran pengenalan geometri. Oleh karena itu peneliti berinisiatif untuk melakukan pembelajaran dalam mengenal geometri menjadi lebih menyenangkan, salah satu hal yang dilakukan adalah dengan bermain sambil belajar, dan permainan yang mampu mengenalkan bentuk geometri adalah permainan dakon geometri. adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana gambaran kemampuan mengenal bentuk geometri anak kelompok A TK Al-Khaerat sebelum dan setelah diberikan perlakuan dan Apakah ada pengaruh permainan tradisional dakon geometri (maqgalaceng) terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan mengenal bentuk geometri anak kelompok A TK Al-Khaerat sebelum dan setelah diberikan perlakuan) serta untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional dakon geometri (maqgalaceng) terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak kelompok A, Sampel penelitian ini berjumlah 17 anak TK Al-Khaerat, Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimen, Nilai kemampuan anak sebelum diberikan perlakuan memiliki kategori kurang dengan rentang 1-12 dan setelah diberikan perlakuan memiliki kategori baik dengan rentang 26-38. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai kemampuan mengenal bentuk geometri anak sebelum dan setelah permainan dakon geometri (maqgalaceng) diberikan. Hal ini merujuk pada nilai T hitung yang diperoleh yaitu sebesar 153 dan T tabel 35 maka diperoleh hasil T hitung (153) > nilai T tabel sebesar (35) maka H1diterima dan Ho ditolak sedangkan nilai Z hitung yang diperoleh yaitu 3.4 dan Z tabel 1.645 maka diperoleh hasil nilai Z (3.4) >nilai Z tabel (1.645) maka H1 diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 02:20 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 02:20 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26794 |
Actions (login required)
View Item |