SURIATI ISMAIL (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI KARTU KATA BERGAMBAR KELOMPOK B DI RAUDATUL ADFAL IHYA AL-ULLUM 1 KELURAHAN TAMALANREA INDAH KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR.
Text
sampul 1 athy print.docx Download (35kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI athy print.docx Download (23kB) |
|
Text
DAFTAR ISI athy print.docx Download (21kB) |
|
Text
BAB I, II, III athy print.docx Download (101kB) |
|
Text
Daftar Pustaka athyyyy print.docx Download (17kB) |
|
Text
lampiran 1 athy print.docx Download (52kB) |
|
Text
lampiran 2 athy print.docx Download (5MB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP athy print.doc Download (1MB) |
Abstract
Suriati Ismail, 2015. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B Melalui Kartu Kata Bergambar di Raudatul Adfal Ihya Al-ullum 1 kelurahan tamalanrea indah kecamatan tamalanrea kota makassar. Skripsi dibimbing oleh Arifin Manggu S.Pd, M.Pd sebagai pembimbing 1 dan Hajerah S.Pd,i, M.Pd sebagai pembimbing 2. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan kemampuan membaca permulaan anak melalui kartu kata bergambar kelompok B di Raudatul Adfal Ihya Al-ullum 1 Kelurahan Tamalanrea Indah Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar ?. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B melalui kartu kata bergambar di Raudatul Adfal Ihya Al-ullum 1 Kelurahan Tamalanrea Indah Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian adalah kemampuan membaca permulaan dan kartu kata bergambar. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah anak yang berada di Raudatul Adfal Ihya Al-Ullum 1 Kelurahan Tamalanrea Indah Kecamatan Tamalanrea Kota Makasar Kelompok B dengan jumlah anak sebanyak 24 orang anak dan jumlah guru yang di teliti adalah 1 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pada siklus I pertemuan I dikategorikan kurang karena masih banyak anak yang belum mampu membaca kartu kata bergambar, pada siklus I pertemuan II sudah terjadi perubahan namun masi dikategorikan kurang karena kemampuan membaca permulaan anak belum mencapai standar yang ingin dicapai. Pada siklus II pertemuan I dikategori cukup karena kemampuan anak dalam membaca kartu kata bergambar sudah mengalami peningkatan dan pada siklus II pertemuan II kategori baik karena sudah mengalami peningkatan dengan baik. Selain itu guru dan aktivitas anak didik juga mengalami peningkatan dikategorikan B. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Peningkatan Kemampuan Membaca permulaan anak kelompok B melaluiKartu Kata di Raudatul Adfal Ihya Al-ullum 1 Kelurahan Tamalanrea Indah Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar meningkat
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 06:34 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 06:34 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26455 |
Actions (login required)
View Item |