PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK MELALUI PENERAPAN METODE MULTISENSORI DI TAMAN KANAK-KANAK MINASA UPA KOTA MAKASSAR

N U R L I A N A (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK MELALUI PENERAPAN METODE MULTISENSORI DI TAMAN KANAK-KANAK MINASA UPA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul Skripsi dan Lampiran Awal.docx

Download (41kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Pembimbing.docx

Download (41kB)
[img] Text
Isi.docx

Download (189kB)
[img] Text
Kisi-kisi Instrumen.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lembar Observasi Anak.docx

Download (40kB)
[img] Text
Lembar Observasi Guru.docx

Download (22kB)
[img] Text
Foto Dokumentasi.docx

Download (630kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.docx

Download (36kB)

Abstract

NURLIANA, 2012 Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Melalui Metode Multisensori di Taman Kanak-kanak Minasa Upa Kota Makassar. Skripsi dibimbing Dr. H. Syamsul Bachri Gaffar, M.Si dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan yaitu lemahnya konsentrasi anak yang berpengaruh terhadap kemampuan membaca anak serta di ruang kelas sedikit ditemukan huruf-huruf yang ditempel atau gambar-gambar disertai tulisan dibawahnya yang sebenarnya dapat memberi rangsangan awal bagi anak dalam hal baca tulis. Selain itu guru tidak memperhatikan media atau alat peraga saat mengajar, Hal ini sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran terutama proses membaca permulaan. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode multisensori dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak di Taman Kanak-kanak Minasa Upa Kota Makassar?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak melalui metode multisensori di Taman Kanak-kanak Minasa Upa Kota Makassar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian yaitu 17 anak didik dan 1 orang guru. Data penelitian ini merupakan data aktivitas membaca permulaan anak melalui metode multisensori. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode multisensori dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak didik. Perkembangan dapat dilihat dari siklus pembelajaran, siklus I kemampuan mengajar guru dan kemampuan membaca permulaan anak kategori cukup, pada siklus II kemampuan mengajar guru dan kemampuan membaca permulaan anak kategori baik. Kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-kanak Minasa Upa Kota Makassar meningkat yaitu anak dapat menyebutkan simbol-simbol huruf vokal dan konsonan yang dikenal, anak dapat menyebutkan nama-nama benda yang bunyi awalnya sama, anak dapat membaca gambar yang memiliki kata sederhana dan anak dapat membaca nama sendiri.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:02
Last Modified: 24 Nov 2022 02:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25693

Actions (login required)

View Item View Item