PENGGUNAAN MEDIA SEMPOA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MURID TUNANETRA KELAS DASAR III DI SLB-A YAPTI MAKASSAR

NASRULLAH (2022) PENGGUNAAN MEDIA SEMPOA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MURID TUNANETRA KELAS DASAR III DI SLB-A YAPTI MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (23kB)
[img] Text
motto,peruntukan dan abstrak.docx

Download (45kB)
[img] Text
Daftar isi.docx

Download (27kB)
[img] Text
Bab 1,2,3.docx

Download (132kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (93kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (34kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (34kB)
[img] Text
jurnal.docx

Download (63kB)

Abstract

NASRULLAH, 2017. Penggunaan Media Sempoa dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Murid Tunanetra Kelas Dasar III di SLB-A Yapti Makassar. Skripsi. Dibimbing olehDrs. H. Syamsuddin, M.Si dan Dra.Hj St. Murni, M. Hum Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu murid tunanetra yang belum memahami konsep penjumlahan bilangan kelas dasar III di SLB-A YAPTI Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah hasil belajar murid tunanetra kelas dasar III di SLB-A YAPTI Makassar dengan menggunakan media Sempoa?”. Tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui media Sempoa pada murid tunanetra Kelas Dasar III di SLB-A YAPTI Makassar”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mengetahui gambaran peningkatan hasil belajar matematika pada murid tunanetra Kelas Dasar III sebelum dan sesudah penggunaan media Sempoa di SLB-A YAPTI Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Subjek dalam penelitian ini adalah murid Tunanetra Kelas Dasar III yang berjumlah dua murid. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika sebelum penggunaan media Sempoa berada pada kategori kurang. Kemudian setelah penggunaan media Sempoa terjadi peningkatan hasil belajar matematika pada murid Tunanetra Kelas Dasar III di SLB-A YAPTI Makassar yaitu berada pada kategori baik sekali. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat peningkatan hasil belajar matematika pada murid tunanetra kelas dasar III di SLB-A YAPTI Makassar dari kategori kurang menjadi kategori baik sekali, berarti media Sempoa terbukti dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada murid tunanetra kelas dasar III di SLB-A YAPTI Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Feb 2022 01:14
Last Modified: 16 Feb 2022 01:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22138

Actions (login required)

View Item View Item