PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MURID KELAS IV SD NEGERI MINASA UPA MAKASSAR

Hartati (2023) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MURID KELAS IV SD NEGERI MINASA UPA MAKASSAR.

[img] Text
surat keaslian skripsi.docx

Download (59kB)
[img] Text
bab 1,2,3.docx

Download (93kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB V dan dapus.docx

Download (20kB)
[img] Text
LAMPIRAN I sampai 8.docx

Download (70kB)
[img] Text
LAMPIRAN 9 sampai 17.docx

Download (74kB)
[img] Text
dokumentasi.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP TATI.docx

Download (28kB)

Abstract

Hartati 2013. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Murid Kelas IV SDN Minasa Upa Makassar.Skripsi.Dibimbing oleh Prof.Dr.H.Amir.M.Pd dan Khaerunnisa.S.Pd.I,MA. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah Penelitian ini adalah rendahnya Hasil Belajar Matematika pada murid kelas IV SD Negeri Minasa Upa Makassar.Rumusan Masalah Penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada murid kelas IV SD Negeri Minasa Upa Makassar?” Tujuan Penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid pada mata pelajaran matematika melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas IV SDN Minasa Upa Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Fokus Penelitian ini adalah pendekatan Contextual Teaching and Learning dan hasil belajar Matematika Murid. Subjek Penelitian adalah murid dan guru kelas IVB berjumlah 25 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif frekuensi dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: aktivitas guru pada siklus I berada dalam kategori cukup dan aktivitas murid berada dalam kategori cukup Hal tersebut berdampak pada hasil belajar murid berada pada kategori kurang. Pada siklus II, aktivitas guru berada dalam kategori baik sekali dan aktivitas murid juga berada pada kategori baik sekali, Hal tersebut berdampak pada hasil belajar murid berada pada kategori baik. Dengan demikian, penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran matematika terbukti dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid di kelas IV SD Negeri Minasa Upa Makassar. maka disarankan kepada guru kelas kiranya menguasai dan menerapkan beberapa pendekatan dalam proses pembelajaran Matematika.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Nov 2023 06:15
Last Modified: 14 Nov 2023 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34598

Actions (login required)

View Item View Item