Hartati (2023) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MURID KELAS IV SD NEGERI MINASA UPA MAKASSAR.
Text
surat keaslian skripsi.docx Download (59kB) |
|
Text
bab 1,2,3.docx Download (93kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (42kB) |
|
Text
BAB V dan dapus.docx Download (20kB) |
|
Text
LAMPIRAN I sampai 8.docx Download (70kB) |
|
Text
LAMPIRAN 9 sampai 17.docx Download (74kB) |
|
Text
dokumentasi.docx Download (2MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP TATI.docx Download (28kB) |
Abstract
Hartati 2013. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Murid Kelas IV SDN Minasa Upa Makassar.Skripsi.Dibimbing oleh Prof.Dr.H.Amir.M.Pd dan Khaerunnisa.S.Pd.I,MA. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah Penelitian ini adalah rendahnya Hasil Belajar Matematika pada murid kelas IV SD Negeri Minasa Upa Makassar.Rumusan Masalah Penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada murid kelas IV SD Negeri Minasa Upa Makassar?” Tujuan Penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid pada mata pelajaran matematika melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas IV SDN Minasa Upa Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Fokus Penelitian ini adalah pendekatan Contextual Teaching and Learning dan hasil belajar Matematika Murid. Subjek Penelitian adalah murid dan guru kelas IVB berjumlah 25 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif frekuensi dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: aktivitas guru pada siklus I berada dalam kategori cukup dan aktivitas murid berada dalam kategori cukup Hal tersebut berdampak pada hasil belajar murid berada pada kategori kurang. Pada siklus II, aktivitas guru berada dalam kategori baik sekali dan aktivitas murid juga berada pada kategori baik sekali, Hal tersebut berdampak pada hasil belajar murid berada pada kategori baik. Dengan demikian, penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran matematika terbukti dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid di kelas IV SD Negeri Minasa Upa Makassar. maka disarankan kepada guru kelas kiranya menguasai dan menerapkan beberapa pendekatan dalam proses pembelajaran Matematika.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 06:15 |
Last Modified: | 14 Nov 2023 06:15 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34598 |
Actions (login required)
View Item |