PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MURID KELAS IV ASD INPRES TALLO TUA 1 KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR

DARWIS (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MURID KELAS IV ASD INPRES TALLO TUA 1 KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul.docx

Download (60kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING DARWIS SKRIPSI.docx

Download (18kB)
[img] Text
Abstrak Baru.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB I BENAR.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II BENAR.docx

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)
[img] Text
Lampiran 1,2,3,4,5.docx

Download (56kB)
[img] Text
Dokumentasi.docx

Download (236kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.docx

Download (79kB)

Abstract

DARWIS. 2012. Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Metode Pembelajaran Inkuiri pada Murid Kelas IV A SD Inpres Tallo Tua 1 Kecamatan Tallo Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing Prof. Dr. H. Amir, M. Pd dan Dra. Nurhaedah, M. Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah pada penelitian tindakan kelas ini adalah bagaimanakah penerapan metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada murid kelas IV A SD Inpres Tallo Tua 1 Kecamatan Tallo Kota Makassar. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS pada murid kelas IV A SD Inpres Tallo Tua 1 Kecamatan Tallo Kota Makassar melalui metode pembelajaran inkuiri. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah metode pembelajaran inkuiri dan hasil belajar. Subyek penelitian ini adalah guru dan murid kelas IV A SD Inpres Tallo Tua 1 Kecamatan Tallo Kota Makassar dengan jumlah 39 orang murid, terdiri dari 20 orang laki-laki dan 19 orang perempuan pada semester genap tahun akademik 2010/2011. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu hasil belajar dianalisis secara kuantitatif dan observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar murid dianalisis secara analisi kualitatif deskriptif. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus I berada pada kategori hasil belajar cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori hasil belajar baik hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPS melalui metode pembelajaran inkuiri pada murid kelas IV A SD Inpres Tallo Tua 1 Kecamatan Tallo Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Oct 2023 05:32
Last Modified: 23 Oct 2023 05:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34433

Actions (login required)

View Item View Item