PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI ULO KECAMATAN TANETE RIAJA KABUPATEN BARRU

IRMA SURYANI (2023) PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI ULO KECAMATAN TANETE RIAJA KABUPATEN BARRU.

[img] Text
sampul depan.docx

Download (44kB)
[img] Text
sampul skripsi.docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (32kB)
[img] Text
Lampiran Skripsi.docx

Download (1MB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (36kB)

Abstract

Irma Suryani. 2014. Penggunaan Media Animasi Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak pada Siswa Kelas V SD Negeri Ulo Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru. Skripsi. Dibimbing oleh: Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd. dan Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya keterampilan menyimak siswa di kelas V SD Negeri Ulo Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimanakan penggunaan media animasi audio visual untuk meningkatkan keterampilan menyimak pada siswa kelas V SD Negeri Ulo Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru? Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan penggunaan media animasi audio visual dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas V SD Negeri Ulo Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus dua kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian yakni 1) media animasi audio visual 2) keterampilan menyimak. Subjek penelitian yakni 1 orang guru dan 10 siswa yang terdiri dari 7 laki-laki dan 3 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I menunjukkan kategori cukup dan siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik. Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya keterampilan menyimak siswa dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori baik pada siklus II. Dengan demikian penggunaan media animasi audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak pada siswa kelas V SD Negeri Ulo Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:32
Last Modified: 19 Oct 2023 07:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34393

Actions (login required)

View Item View Item