Penerapan Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa mata pelajaran IPA Kelas V SDN Taeng Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.

Nuraena (2023) Penerapan Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa mata pelajaran IPA Kelas V SDN Taeng Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.

[img] Text
sampul dll.docx

Download (47kB)
[img] Text
surat pengesahan.docx

Download (118kB)
[img] Text
ISI.docx

Download (113kB)
[img] Text
LAM 1-4.docx

Download (149kB)
[img] Text
lam 5-16.docx

Download (322kB)
[img] Text
LAM.17 dan 18TES SIKLUS.docx

Download (670kB)
[img] Text
LAM.28 KETUNTASAN BELAJAR.docx

Download (30kB)
[img] Text
lembar obser guru siswa.docx

Download (85kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (27kB)

Abstract

Nuraena, 2014.Penerapan Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa mata pelajaran IPA Kelas V SDN Taeng Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi ini dibimbing oleh Nur Abidah Idrus S.Pd M,Pd., dan Dra. Hj. Djohara Nonci, M.Si. Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian Ini mengkaji tentang penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Taeng Kecamatan pallangga kabupaten gowa. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN taeng kecamatan pallangga kabupaten gowa? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SDN Taeng Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang/siklus, yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian yaitu proses dan hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA SDN taeng kecamatan pallangga kabupaten gowa. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah tekhnik data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian pada siklus I aktivitas mengajar guru pada pertemuan I berada pada kategori cukup dan pada pertemuan II berada pada ketegori baik, sedangkan pada siklus II pertemuan I dan II aktivitas mengajar guru berada pada kategori sangat baik. Aktivtas belajar siswa siklus I pertemuan I dan II berada pada kategori kurang sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu pertemuan I berada pada kategori baik dan pada pertemuan II berada pada ketegori sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II berada pada kategori tinggi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Taeng Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Oct 2023 06:52
Last Modified: 18 Oct 2023 06:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34370

Actions (login required)

View Item View Item