DIAN PERTAMI (2023) PENERAPAN METODE MASTERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD INPRES TAMARUNANG KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.
Text
01. SAMPUL SKRIPSI.docx Download (58kB) |
|
Text
02. PERSETUAN DAN PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.pdf Download (894kB) |
|
Text
03. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (60kB) |
|
Text
04. MOTO, ABSTRAK, PRAKATA DAN DAFTAR ISI.docx Download (34kB) |
|
Text
05. BAB I, II, III.docx Download (159kB) |
|
Text
08. LAMPIRAN.docx Download (1MB) |
|
Text
010. RIWAYAT HIDUP.docx Download (40kB) |
Abstract
Dian Pertami. 2014. Penerapan Metode Mastery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD Inpres Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Muh Faisal, M,Pd dan Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Inpres Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode Mastery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Inpres Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa? Adapun penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan metode Mastery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Inpres Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yakni penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus dua kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian yakni 1) Penerapan metode Mastery Learning pada mata pelajaran matematika, 2) hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Matematika yang telah diajar melalui penerapan metode Mastery Learning. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 41 siswa yang terdiri atas 23 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I masih menunjukkan kategori cukup, selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik. Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup kemudian pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori sangat baik pada siklus II. Dengan demikian penerapan metode Mastery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Inpres Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 05:43 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 05:43 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34316 |
Actions (login required)
View Item |