SUPIANTI M (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN MANGKURA III KOTA MAKASSAR.
Text
Sampul.docx Download (29kB) |
|
Text
Persetujuan pembimbing.docx Download (30kB) |
|
Text
Halaman Depan.docx Download (58kB) |
|
Text
Isi.docx Download (106kB) |
|
Text
Lampiran data nilai.docx Download (42kB) |
|
Text
Lampiran kunci jawaban THB.docx Download (148kB) |
|
Text
Lampiran lembar observasi guru.docx Download (68kB) |
|
Text
Lampiran dokumentasi dan riwayat hidup.docx Download (176kB) |
Abstract
SUPIANTI M. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Mangkura III Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd., dan Drs. H. Muhammad Anas, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa dan proses pembelajaran matematika tidak terlaksana dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Mangkura III Kota Makassar? Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Mangkura III Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yakni penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian yakni 1) penerapan model pembelajaran berbasis masalah berupa aktivitas guru dan siswa pada proses pembelajaran matematika, dan 2) hasil belajar siswa kelas V yang diperoleh dari hasil tes pada setiap akhir pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Mangkura III Kota Makassar dengan subjek penelitian yakni 1 orang guru dan 35 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I masih menunjukkan kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik. Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik pada semua aspek yang diamati. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori baik pada siklus II. Dengan demikian penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Mangkura III Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 02:36 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 02:36 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34311 |
Actions (login required)
View Item |