PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VSDN 6 BULU-BULU DESA TOMPO BULU KECAMATANBALOCCI KABUPATEN PANGKEP

FARDAH MARYATI (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VSDN 6 BULU-BULU DESA TOMPO BULU KECAMATANBALOCCI KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
sampul-ku.docx

Download (98kB)
[img] Text
BAB 1-3.docx

Download (332kB)
[img] Text
l. guru 1.docx

Download (22kB)
[img] Text
l. guru 2a.docx

Download (22kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (4MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (39kB)

Abstract

Fardah Maryati 2014. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 6 Bulu-Bulu Desa Tompo Bulu Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Hasaruddin Hafid, M.Ed dan Dra. Hj. Djohara Nonci, M.Si pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS di kelas V SDN 6 Bulu-Bulu Desa Tompo Bulu Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 6 Bulu-Bulu Desa Tompo Bulu Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 6 Bulu-Bulu Desa Tompo Bulu Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah: 1) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, 2) Hasil belajar IPS. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 20 siswa kelas V SDN 6 Bulu-Bulu Desa Tompo Bulu Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep. Tehnik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif. Hasil penelitian bahwa: Pada siklus I proses mengajar guru dan belajar siswa berada pada kategori cukup dan hasil belajar IPS siswa berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II proses mengajar guru dan belajar siswa berada pada kategori baik serta hasil belajar IPS siswa berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa kelas V SDN 6 Bulu-Bulu Desa Tompo Bulu Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:03
Last Modified: 11 Oct 2023 02:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34272

Actions (login required)

View Item View Item